BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Garansi Resmi???

Banyak sekali kesimpangsiuran yang beredar yang menamakan diri sebagai garansi resmi, perlu saya tekankan sekali lagi bahwa BlackBerry RESMI hanya BlackBerry yang diedarkan oleh 3 operator GSM ini yakni :

INDOSAT, XL dan TELKOMSEL dan jalur distribusi resminya

Selebihnya bukan resmi menurut aturan RIM dan INDONESIA. Banyak sekali beredar BlackBerry bergaransi dengan menyebutkan garansi resmi, betul itu adalah resmi TAPI dalam batasan RESMI MENURUT HUKUM DI INDONESIA karena :

  • Memiliki ijin POSTEL
  • Memiliki ijin Memperindag
  • Memiliki Manual Bahasa Indonesia (UU Perlindungan Konsumen)

Selanjutnya garansi jenis ini dinamakan garansi distributor independen karena dia akan menanggung service, penggantian sparepart atau penggantian unit secara independen, tidak akan bisa melakukan claim ke RIM (Research In Motion)

Adalagi yang cukup menjebak yaitu garansi RIM, tanyakan itu RIM mana? RIM (Research In Motion) atau RIM (Royal Inti Mahkota). RIM (Research In Motion) adalah produsen, pemilik merek dagang dan teknologi BlackBerry yang jalur distribusinya hanya melalui Operator baik GSM ataupun CDMA sedangkan RIM (Royal Inti Mahkota) adalah penyedia handset BlackBerry dengan garansi distributor independen. Selain Royal, banyak sekali ditemui garansi distributor independen lainnya seperti WII, ACS, Piramid, QTEL, Bless dll yang membuat pilihan anda semakin banyak.

Mari kita lihat PRO dan KONTRA dalam Garansi Resmi dan Distributor Independen.

resmivsdistro

Semuanya adalah pilihan, kemana anda akan membeli unit itu adalah hak anda tapi yakinlah akan pilihan anda itu yang terbaik menurut keinginan dan kemampuan anda.

Single Post Navigation

164 thoughts on “Garansi Resmi???

  1. gusti on said:

    Kalo hp saya dichasingnya ada tulisan at&t dan waktu loading proses tulisan itu yang terlihat,
    itu berarti garansi distributor ya?

  2. oktora irahadi on said:

    duh bro….

    kebetulan saya bekerja di PT. Royal Inti Mahkota Indonesia

    selama ini kami tidak pernah berjualan dengan menggunakan nama RIM, sejujurnya kami keberatan dengan tulisan anda yang menyantumkan kata “MENJEBAK”
    dalam artian kami tidak pernah bermaksud menjebak kostumer kami, yang kami tekankan sewaktu menjual barang tersebut adalah GARANSI DISTRIBUTOR ROYAL

    nama kami pun bukan PT.RIM melainkan PT. ROYAL INTI MAHKOTA INDONESIA

    selanjutnya klarifikasi dari kami, mengammbil tulisan anda diatas:
    “Selebihnya bukan resmi menurut aturan RIM dan INDONESIA. Banyak sekali beredar BlackBerry bergaransi dengan menyebutkan garansi resmi, betul itu adalah resmi TAPI dalam batasan RESMI MENURUT HUKUM DI INDONESIA”

    dari tulisan diatas di alinea pertama anda jelaskan bahwa “bukan resmi menurut aturan RIM dan INDONESIA”, lalu di alinea terakhir anda katakan “RESMI MENURUT HUKUM DI INDONESIA”
    dalam satu paragraf, sudah ada ketidak konsistenan dalam penulisan.
    penjelasan saya mengenai hal ini adalah
    bahwa PT. Royal Inti Mahkota Indonesia sudah memenuhi kewajibannya menurut hukum di Indonesia untuk menjual produk blackberry, dibuktikan dengan sertifikasi yang telah kami peroleh demikian juga persyaratannya juga sudah kami penuhi.

    jadi kalau tidak merepotkan, kami minta tulisan anda di revisi….mohon pengertiannya karena tulisan anda akan membuat “misslead” pada para pembaca yang awam dan akan merusak image perusahaan kami

    terima kasih pak alex

    • bos kalo servisan di royal center selalu rame yah? soalnya BB saya waktu itu ada masalah dengan bazer nya. pas puter lagu bass nya agak pecah gitu padahal baru beli ga ampe sebulan dan saya jarang puter lagu. Masalahnya uda diservis lebih dari 2 minggu tapi kok blum selesai yah? trus kemaren sempat BBM saya update status, padahal hp nya belum selesai diservis. Thx.

    • Dear, P’ Oktora

      Saya memiliki BB Bold 9000, yang baru di beli 3 bln yg lalu, yang ingin saya tanyakan pada saat BB saya posisi stanby dan pada saat akan membuka lock keypad sering kali bb saya mengalami hang screen blank putih, terkadang screen bersemut/bintik2 kecil. mohon penjelasan apa yang terjadi dgn BB Bold 9000 saya, dan apa yang harus saya perbuat dgn kondisi yang seperti diatas tsb. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    • service center pt. royal inti mahkota dimana aja seh untuk yg dijakarta??

    • kemal on said:

      Bang saya bli strom skarang jd blank terus dibenerin ke royal tp 1 benerin masih jga rusak terus aq kembali lgi sampe skarang blom beres jga tp temen aq pke garansi yg lain blank langsung diganti baru kenapa ya bang

    • doky on said:

      Mau mningkatkan image…?? Perbaiki ajjah pelayanan aftersales anda dulu…!! G usah mengembar-gemborkan “kami distributor resmi lho!!” So what…?? Buat apa distributor resmi…klo aftersalesnya mengecewakan!! Sbagai customer kami ingin ketenangan dari jaminan (garansi) perusahaan anda..!! Baca tuuhh comment2 yg sblum saya…tidak ada yg anda
      tanggapi..?? Hhuuuhh…payyahh!!
      (Lagi dongkol)

  3. saya sangat setuju dengan bpk Alex dalam hal memberikan pengertian dasar mengenai kontroversi BB garansi resmi dan distributor yg ada di indonesia, dan perlu saya tambahkan sekarang Axis pun ditunjuk sebagai distributor resmi RIM (Research In Motion) dapat dilihat di http://www.blackberry.com/ap/id/customercarecenter/index.html
    terimakasih bnyak bpak Alex atas infonya.

  4. pertanyaan saya sekarang, distro mana saja yang track recordnya bagus selama ini?
    thx

  5. daniel! on said:

    Tidak ada yg salah dengan tulisan pak Alex. Bahkan justru sangat informatif dan membantu, terutama menjelaskan persepsi “resmi” orang awam dan arti kata tsb sebenarnya dalam konteks garansi  di Indonesia. Dan apa boleh buat, nama PT yang inisialnya sama dengan Research In Motion akan mudah dimanfaatkan reseller diatas ketidaktahuan customer awan. Entah disengaja atau tidak oleh PT tsb..

  6. agus darmawan on said:

    saya pake bb bold 9000 baru dipake 3 minggu ternyata hutuf n,h,y, dan m,j,u gk bisa muncul atau hang. saya kembalikan ke toko ktnya dibawa ke jakarta tp sampe 1 bulan belum jadi juga, garansi tertulis BLESS GARANSI, mohon infonya knp bgtu? lama sementara perbulan saya rugi harus bayar internet BB nya

    • klo bless emang parah..saya kemarin beli bless batreinya langsung drop.dan udah di gantipun langsungg ngerdrop mati tanpa ada aba-aba batrei kuning.

  7. agus darmawan on said:

    setelah menunggu 1 bulan lebih satu minggu bb saya jadi, eh baru semalem di pake hang lg dengan penyakit yg sama, ini apaan aku pikir, produk mahal ternyata tdk menjamin pelayanan, tolong bless sbg pemegangg garansi tunujukan mana tanggung jawabnya

  8. Wah saya baru beli satu minggu beli blackberry gemini,garansi ACS. ternyata setelah saya coba ada satu fitur yang tidak bisa yaitu attachment file untuk email tidak bisa ke explorer…padahal saya butuh sekali fitur ini, buat gawean..setelah saya teliti ternyata banyak sekali blackberry dari distributor yang tidak support fitur ini bisa jadi OS nya gak lengkap.
    jadi hati-hati kalau mau beli blackberry..ini fakta coba rekan-rekan lihat fitur ini kalau mau beli

  9. Yoshi-San on said:

    saya pikir selama ini garansi PT Royal Inti Mahkota Indonesia lebih dikenal dgn ROYAL atau Garansi Royal.. Dan dlm dunia , masyarakat mayoritas mengerti bahwa garansi resmi di Indonesia adalah operator yg secara resmi bekerja sama dgn RIM seperti indosat, telkomsel, dsb..
    Oleh karena itu, menurut saya masyarakat tdk banyak yg tahu bahwa RIM itu bisa kepanjangan dari 2 prshaan yg berbeda,
    karena bagi mereka RIM tetap berarti Research In Motion dan ROYAL adalah ROYAL yg memiliki nama perusahaan yg mungkin kebetulan jika disingkat menjadi RIM yg katanya bisa “Menjebak”.
    maaf jika ada salah kata.
    Saya hanya salah satu user  yg tdk ada kaitany dgn nama atau perusahaan diatas. Thx

  10. asiu on said:

    thanks atas penjelasan Pak Alex dan Pak Oktora irahadi saya rasa dua2nya benar…..yang penting konsumen benar2 tahu kelebihan dan kekurangan dari produk yang dibeli. Pak Oktoda saya baru beli bb onyx ….saya ingin tanya ketika tombol volume ditekan warna layar membias seperti tertekan , apakah itu normal? thanks

  11. Saya baru beli ONYX, yang saya mau tanyakan apa bedanya at&t dengan T-mobile? Thanks

  12. irawati on said:

    duh mau tanya dunk….

    Seminggu yang lalu tiba2 BB sy blank, sekarang sedang di tempat service, tiba2 pin saya ada yang pakai?? bagaimana klaimnya? kemana saya harus klaim, BB sy garansi ROYAL….

    thks before,
    ira

  13. Bagaimana dengan blackberry garansi TAM (Teletama Artha Mandiri) yang katanya ditunjuk oleh RIM sbg distributor resmi produk BB di Indonesia selain lwt jalur provider. Tapi jika saya lihat di situs Blackberry nama TAM tidak disebut-sebut.
    Thanks before
    Johan

  14. christian egie emmanuel on said:

    saya pengguna blackberry strom9530.baru pake 1 mgg,garansi bless.saya bawa ke toko yang saya beli.dia bilang LCD kena.mereka menyarankan lsg di bawa ke bless di ITC roxy mas.tapi,setelah saya bawa ke bless.dari pihak bless mereka bilang cuma tombol hank.padahal jelas2 LCD pecah2 gambar nya.sampe sekarang belum selesai.apa ini garansi BB di indonesia?

    • seperti tulisan saya sebelumnya, belilah blackberry garansi resmi dari operator bukan garansi distributor jika garansi distro maka suka-suka distronya

  15. desii on said:

    saya bingungg nry sbnrnya yg bgus gransi resmi darii apa pt apa ???

    kita juga ga mau ktipu kalo dah beli barang2 mahal , maaf kalo salah2 kata kita orang awam .

  16. sy punya bb bergaransi , bless, di service di bless, menurut bless nya rusak tdk bs di betulin n mau di kirim balik, tp hampir 3 mgu, bb sy tdk dikrim-2, dan tiba-2 bb itu laku di jual kpd org lain, krn org yg beli itu adalah tmn sy…..dan akhir nya sy dikirim bb yg rusak n mati total, tp sticker yg tertera no imei itu, baru aja di tempel( krn sticker imei punya sy sdh tdk sebagus yg ditempel) bgmn ini bs terjadi? mana tanggung jawab nya…? sampai hr ini pun blm ada jawaban nya….

  17. nanda on said:

    saya mau beli BB tapi garansi TAM apa maksdunya??
    lebih bagus garansi TAM / BERINDO… ??

    Thanks…

  18. nanda on said:

    tolong balas secepatnya…
    thanks..

  19. Alexander Liu on said:

    Yth: Pak alex.
    Sebagai pendatang baru untuk Blackberry, saya ingin menanyakan apakah garansi TAM (Teletama Artha Mandiri) adalah garansi resmi dari RIM (Research In Motion) ?
    Penjelasan dari Pak Alex sangat membantu bagi saya..
    Terima kasih..

  20. andy on said:

    Ati2 BB Garansi BLESS..Brengsek penyalurnya!!!

    • ikhsan on said:

      Halo Pak Andy, saya mau menanyakan tentang komentar anda tentang Bless..

      Maksud Pak Andy Penyalur dari Distributor Bless brengsek kenapa?

      Boleh saya tahu permasalahannya?

      Thanks.

  21. Pingback: Tabel perbedaan Blackberry Garansi Resmi dan Garansi Distributor | Sukrawan is The Goal Getter

  22. Untuk mendapatkan informasi lokasi BlackBerry Authorized Customer Care Centers yang bisa kunjungi http://www.blackberry.com/id/dealers

  23. Sebaiknya kalo mao beli bb garansi TAM lbh terjamin,
    ni bb saya yg saya beli 6blnan gara” key padnya ga bisa pencet aja masuk garansi uda diatas 1bulan masih aja blm selesai,
    trus temn saya beli yg TAM sekitar 1 blnan mengalami masalah yg sama dgn saya, dia bawa ke garansi TAM cuma 1 hari tdk lebih sudah jadi,
    sungguh mengecewakan garansi royal.
    padahal bb itu penting buat saya untuk keperluan bisnis,,,

  24. yth pak allex..
    saya mau nanya,,
    bb saya odin (9550) garansi bless,, menurut anda distributor bless itu bagus apa tidak? saya baru beli sekitar 3 minggu.. sejauh ini gak ada masalah sih,, terimakasih sebelumnya..

  25. Mendingan pake garansi resmi aja, gw pengalaman pake garansi royal.., jauh2 datang ke roxy dah pindah, di cek ke ruko pindahannya kosong gak ada orang, gw tlp ke nomornya jga salah, padahal dah set 12 siang masa belum buka, pelayanan macam apaan kayak gtu

  26. malam pak saya mau tanya kalo mau beli storm2 9550 yang nyediain operator apa yah??
    pengennya sih garansinya resmi jadi mending beli di operator aja

  27. pak alex, bb saya beli di indosat dan segel garansinya Ctr untuk service garansi di indosatnya atau ctr pak trimakasih?

  28. ais13184 on said:

    Hmm.. Saya hendak membeli Blackberry Storm 9550 (Odin) tapi setelah membaca komentar saudara-saudara semua saya jadi ragu nih.. Apakah ada untuk Blackberry Storm 9550 (Odin) yg bergaransi resmi operator atau yg bergaransi TAM?
    Terima kasih..

    • Brian on said:

      BB 9550 setau saya tidak dikeluarkan resmi untuk pasar indonesia. Yang ada seri Storm2 9520. Operator yang menyediakan setau saya di Indonesia masih Indosat.

  29. Bos.. Kalau bb nya garansi RIM (Research In Motion) itu bgmn ya?
    Kalau yg sdh sy baca2, bb resmi yg ada di indonesia cuma garansi OPERATOR atau DISTRIBUTOR, berarti ga ada garansi RIM donk y?..
    Tp kalau ternyata memang ada yg garansi RIM, lalu kemana klaim nya jk ada masalah? (misalkan beli bb nya secara online)..

    Mohon maaf jk salah, maklum masih awam di dunia bb.. Hehe ^^

    Thx

    • Brian on said:

      Di artikel kan sudah dijelaskan, bahwa di pasar baik di konsumen atau reseller terjadi miss-perception antara RIM (Research In Motion) dengan Royal Inti Mahkota, PT. Dan RIM tidak mengeluarkan garansi dari selain Operator atau Dealer yang ditunjuk.

  30. 1.yang dimaksud moderator,biasanya reseler/toko,menulis garansi RIm+2gb mmc..jadi kita yang awam taunya,..jadi yang menjebak buka PT.royal masbro,tolong di crosscheck reslernya royal…
    2. garansi ada provider ada autorized dealer:tam,ss,trikom)

  31. wadhoooooo kalo bicara BB pusinggggggggggg
    ap lage beli di roxy penjahat semua hahhaha
    Q udah beli
    gemini berindo pakai hanya 5bln tombol keypad tekan a jadi s tekan s jadi f kacau.com
    roxy lage
    bold 9000
    garansi berindo baru bawa pulang cash udah eror di layar ad tulisan eror 432
    dibalikkin ke counter roxy diganti buka bungkus bersegel garansi bless
    dipakai 1 minggu gak ad masalah malah pin Q di add org n org bilang ini kan pin teman gw parah.com
    balikkin lage diganti lage bold 9000
    garansi toko harga miring 6bln lalu 2,8jt
    pakai 2bln ic power on off nya rusak klim lage ke counter yg sama jawabnya ini karena penggunanya gak bisa garansi apgak gila neh roxy n bb di indonesia
    mutu rendahhhh capekk dehhhh

  32. sandi andri on said:

    Lalu bagaimana dengan garansi yang dari PT.TAM (Teletama Artha Mandiri), PT Comtech Cellular dan PT Selular Media Infotama? Apakah sama dengan garansi yang dari ke-3 operator resmi tersebut?

    • Brian on said:

      Teletama Artha Mandiri, PT. Comtech Cellular, PT dan Selular Media Infotama, PT adalah dealer resmi RIM selain 3 operator yang disebutkan di artikel

  33. BB saya baru saja layarnya putih semua.
    dari tadi saya taro di meja.
    garansi royal.
    ada yang bisa bantu?

  34. garansi saya PT. ROYAL INTI MAHKOTA (jangan disingkat hehe)

  35. sandi andri on said:

    Kalo garansi operator kan Blackberry™ nya di lock. Jadi gak bisa pake kartu lain, selain yg dari operator. Nah kalo garansi TAM, Comtech Cellular dan Sellular Media Infotama di Lock juga ga? Kartunya kartu apa?

    Mama saya pake Blackberry™ garansi operator telkomsel, kmarin tiba2 layarnya putih semua pas di idupin setelah di charger sekitar 4 jam. Di bawa ke telkomsel, langsung diganti baru, tanpa ada embel-embel reperasi, meskipun mesti nunggu 5 minggu.

    Nah kalo garansi dari ke-3 distributor di atas, TAM, CC dan SMI. Seperti itu juga gak sih. Atau cuma sekedar bongkar2, trus ganti sparepart, trus pasang lagi stiker garansi, itupun nunggu 1 bulan juga..!!!!

  36. tuyul on said:

    Sebenrnya artikel ini menarik banged, tapi sayangnya yang bikin ga tau banyak…, gw perhatiin pertanyaan temen2 ga ada yang kejawab sama si Alex…
    Ini cuma komen aja loch….

  37. ramlii on said:

    sorry sblum’a..ngebaca artikel diatas jujur sy bingung.
    sy mw beli bb,tp hrs pke distro mana..??yg bs ngasih garansi resmi jika ada kerusakan..
    please,comment’a

  38. caroline officer on said:

    @tuyul: udah bagus masih ada yang mau jawab……..udah resiko lah beli BB ..kalo mau aman beli aja yang udah ada garansi resminya NOKia kek ..SE kek…jelas jelas Research In Motion gak ada di Indonesia…wajar kalo banyak BB Baru yang bermasalah krn kita gak tau itu barang bener bener baru apa refurbish…terimakasih untuk yang sudah buat artikel mau berbagi info dan menjawab pertanyaan yang masuk.

  39. erwin on said:

    resiko beli bb begitu, rim nya aja ga buka service centre resmi yg bener2 rim, cb tengok nokia jaman dahulu…garansinya kn banyak (trikomsel-erajaya swasembada-global dll) tapi tetep mereka semua dibawah bendera nokia…dan sekarang bagusnya semua disatukan menjadi nokia indonesia…biar konsumen tidak bingung. jadi rim jangan hanya jualan handsetnya saja..tapi jual juga layanannya..saya beli bb pearl 8100 garansi royal, alhamdulillah ga ada masalah..kesimpulan dari ini semua adalah BERDOALAH SEBELUM MEMBELI BB SEMOGA ANDA SEBAGAI KONSUMEN MENDAPATKAN BB YG BGS & BERKUALITAS…ato beli di operator sellular karena mereka adalah pemain besar…bilamana ada kesalahan kita dapat dengan mudah menunjuk hidung mereka di surat pembaca atau media yang lain..hehehehe

  40. didiet on said:

    abis baca2 komen di atas, jd serem juga klo beli BB selain d Operator…
    aq jg sempat dpt tawaran BB garansi RIM, aq kira Research in Motion…tp setelah baca artikel ini aq jadi tahu klo ada RIM yg laen

    mungkin lebih aman beli BB lewat Operator ato Distributor TAM ya…

  41. rambo on said:

    Gan,, ane mau nanya nih,,,
    kebetulan ane mau beli BB jd Garansi mana nih yg resmi..??
    ane binggung kebanyakan Garansi ??
    brp bln garansi RIM ?? apaKah RIM ada service centre nya di Indonesia..??

    thanx

  42. Mau tanya klo di BB ada label orange itu apa y

  43. HADOOOOOHHHH….BACA2 COMENT DI ATAS SI GW JADI RAGU MO BELI BB…JD YG AMAN PAKAI GARANSI APA YA…???

  44. Faisal on said:

    Wadugh,,,gw telat ni baca treadhnya,,bru 3hr kmaren w bli BB strom 9530 gransi bless…
    Mslah sh blom ad,,,tpi gw rau,,,stiker bertulis blessnya kaya stiker biasa klo abis service di counter biasa…

  45. Disederhanakannya begini,

    Asal tuh hp emang ASLI buatan RIM, sobat BB ngga perlu terlalu khawatir.
    Esensi kita beli hp kan lebih karena fungsi & kegunaannya saja..

    Anda mau BB Anda ‘mengalami’ GARANSI Resmi???
    Plus ditambah dgn ATURAN2 yg KETAT, ngga boleh gonta-ganti ini itu???

    Santai sajalah,,,

    Ntar juga kalo udah habis masa GARANSInya paling ujung2nya ke COUNTER2 TERDEKAT,, hehehe…

    Ngga ribet, ngga nunggu lama, dan yang PALING penting NGGA MAHAL..

    Peace…. 🙂

    • Rizky on said:

      Buat beberapa orang, kenyamanan dan keterjaminan selama pemakaian lebih diutamain daripada beli handheld yang yg tidak disupport produsennya sendiri, yang makenyna aja bikin was-was.

      Lebih dari itu BB yang tidak disupport klo kena masalah bisa jauh lebih mahal biaya penggantinya dan yang paling penting keamanan akun kita. Seperti yang diutarakan di artikel lainnya di blog ini, imel yang masuk ke PIN-PIN yg terclone akan dapat dibuka di BB yang lain, ini adalah masalah besar buat para professionl; / yang udah kerja, atau pun buat mereka yang menghargai privacy.

      Dan jangan lupa meski BB resmi anda habis garansi, anda masih bisa klaim service ditempat-tempat resmi meski dengan biaya tambahan, setidaknya anda mendapat keutungan dg tersebarnya jalur distribusi RIM dan ketenangan penggunaan meski telah diservice.

    • Rizky on said:

      Coba bacalah tulisan-tulisan pengalaman dari para komentator-komentator pengguna Blackberry di blog ini. Banyak pelajaran yang bisa diambil dengan bijak dari sana.

      • Terimakasih telah mengarahkan pemikiran yang positif.

        Semoga tidak ada masalah diantara kita..

        Gubrak!

        Peace.. 🙂

  46. ferry on said:

    great article. love it, nice job!

  47. wino on said:

    Wah telat baca ini. Baru seminggu yang lalu beli bb javelin garansi bless. Belom ada masalah sih. Tapi paling kalo trackballnya digerakin cepet, layarnya suka ada garis diagonal warna putih, cuma sekilas aja sih. Apakah itu normal? Thanks

  48. adien on said:

    agan-agan semua..

    kalo distro-distro memang ngga resmi, ngapain juga RIM diem aja and pemerintah kita ga ngapa-ngapain? yang terpenting, mereka bisa pegang janji garansi bb mereka, termasuk servis pasca beli nya..ngga usah berdebat panjang-panjang dan bikin opini menyesatkan, dan jangan saling mengklaim, kita butuh kualitas bukan teori doang.. buat gw ROYAL its OK, Berrindo dan lainnya..

  49. Chong on said:

    Om alex tolong tanya, bagaimana dengan garansi beryindo?
    apakah itu termasuk garansi yg bgus dan berani tanggu jawab atau tidak?
    Thanks Before
    Tolong jawab ya

  50. zaky dl on said:

    ane mau ngambil gemini garansi bless, katanya yg punya gk jadi make karena barang baru 2 hari trus dijual karena dapet hibahan onyx ..

    kira2 kalo komplain ke bless nanti ribet gak ya ?, ato takutnya saya dapat BB yg jelek, ane tertarik karena garansi 2 tahun n orangnya juga jual lumayan murah, karena cuma beda 200rbu dr yg baru …

    mohon bantuannya om ..

  51. chiuchi on said:

    klo Tcell itu termasuk yg mana? BB saya storm 9530,,baru pake 3 bulan tapi slot chargernya bermasalah,,kadang mau nge-charge,,kadang ngga..akhirnya digaransiin sekitar sebulan yg lalu,,sampai sekarang ga ada kabarnya…

  52. wahyu on said:

    untung dah baca, baru aj mau beli BB storm 9530 garansi Bless.. Gimana menurut rekan rekan? BB ada simbol logo T mobile.. Mhon ptunjuk para sesepuh blackberry

  53. Dika on said:

    Beli aja bb garansi TAM, pengalaman nh, lcd geminiku kmrn rusak, aku klaim ke TAM di plasa marina sby. .ga ada seminggu dganti baru TANPA BAYAR sepeserpun, paling2 bayar parkir sma bensin. .hehe. .recommended distributor bnget lah. . Demi Apapun, aku ga ada kpentingan apa2, cman mau share aja sama teman2 disini

    • avita melia on said:

      eh sorry mw tanya bb aku jga lcd nya ktnya bcor dbawa k tam d bdg ktnya hrs byar 1,2 tp klo ke pusat ada kemungkinan gak bayar ato byar setengahnya katanya bnernya 3 minggu an! kira” bb aku gratis ato bayar yah msh garansi ko??

  54. kalo mau beli BB yang asli dari RIM (Research In Motion) beli aja di store kami , ,dari pada beli yang tidak jelas dan membuat anda tidak puas
    terima kasih

  55. robby on said:

    aduuuh,hati2 yg mau beli bb garansi BLESS,saya beli tour 9630 di bandung ( BEC ),baru pake 10 hari,LCD kena,bbm gak bisa dibuka,trus tiba2 restart.stelah di complain ke toko nya,kata nya pasti ini layar nya kegores/keteken.padahal perasaan pake nya udah super hati2.bukti nya saya sblm nya pake gemini dr garansi lain,udah bbrp kali terjatuh,gak ada masalah.

  56. robby on said:

    lebih baik lebih mahalan dikit tapi aman,jangan tergiur harga miring,tapi tertipu.waktu saya beli tour 9630,ada sedikit curiga jg,si penjual buka harga 2,3jt,saya tawar 2jt lsng dikasih.terus..gak spt toko2 hp lain nya,kita diperlihatkan dalem nya ama no pin,imei dll.

  57. Nenny on said:

    saya sangat tertarik untuk jual beli blackberry yg mna saat nie org bnyak ingin memggunakan,tp yg saya takutkan menjual dan membeli blackberry yg g jlas…nah yg saya ingin tanyakan dmn saya harus membeli BB yg bergaransi resmi dan asli???

    • Semua BlackBerry™ kalau barangnya asli saya rasa bagus-bagus aja. Permasalahannya kalau kebetulan ada permasalahan utk klaim garansi, ini yg sering jadi permasalahan. Menurut saya kalau mau bermain aman, jual yg garansi PT.Teletama Arta Mandiri dan PT.Comtech Cellular. Jadi kalau ada costumer yg bermasalah, langsung kita arahkan ke-2 perusahaan tersebut. Kalau dgn PT.Selular Media Infotama, saya agak sedikit ragu. Krn pernah saya sedikit masalah dgn BlackBerry™ dan ketika saya hubungi no telpon kantor cabang yg ada di medan……ternyata no telponnya error. Dan ketika saya datangi ke kantornya…..saya gak menemukan yg katanya di jalan iskandar muda. Ketika saya di jakarta dan coba menghubungi no kantornya yg dijakarta juga error. Padahal sebelum klaim garansi kan saya perlu tahu apa-apa saja persyaratannya dan kemana saya harus datangi biar gak bolak-balik krn ada persyaratan yg kurang. Pokoknya sangat mengecewakan sekali.

    • Ricky on said:

      Waktu desember 2010 saya beli Curve 3G 9300 di Selular Shop WTC Matahari Serpong. Terus minggu lalu bb nya mulai problem di trackpad (suka lari ke atas terus pas lagi scrolling ke bawah). Cari2 info tentang bb tersebut di internet, ternyata memang Curve 3G 9300 problem di trackpad nya.
      Hari minggu saya bawa bb tersebut ke Selular Shop Mall Karawaci untuk diperbaiki. Sampai di customer service, ditanyain rusaknya apa, saya bilang “trackpad nya lari ke atas terus”. Kemudian bb nya dicoba sama dia, terus dia langsung masuk ke dalam dan keluar lagi dengan bawa handset bb baru. So, saya lanjut bb-an lagi 🙂 ..
      Orang di sebelah saya tanya ke petugasnya apakah memang seperti itu prosedurnya (kalau rusak ganti baru) ? Petugasnya meng-iya-kan selama masa garansi (2 tahun), asalkan ada kartu garansi & kwitansi pembeliannya. Dan kalau pas saat itu barang penggantinya ready stock, saat itu juga akan langsung dituker. Kalau barang penggantinya nggak ready stock, berarti akan dianggap inden.
      Semoga membantu 🙂

  58. harry on said:

    Ini dari atas sampe bawah saya baca ada yg bilang garansi “A” baik ada yg bilang buruk justru yang bagus “B” tp ada yang bilang “B” ga bagus…ini kayak lagi tarung bisnis antar garansi…jangan2 yang comment dari pihak perusahaan garansi terkait…hmmm

  59. tobey on said:

    klo saya seh melihat kondisi bb saat ini,,,, untung2an bro…. kalo kbtlan lo dapet yg bagus,,, bagus banget istri gua 2 tahun pke javelin garansi berrindo sampe malam ini gak pernah rusak..sumpah dah… cman pnah skali lalot dan stlah restart baik lgi…… jd kesimpulannya teliti aj sebelum membeli,,,dan ingat klo hokky lo,,pasti dapet yg bagus…garansi bukan jaminan penuh barang lo bagus apa gak….

  60. david on said:

    …saya udah pake odin 9550 garansi Bless, mudah2an ngak bermasalah,…. hp kayak tubuh manusia, semakin kita pikirkan hp kita bermasalah, pasti jadi masalah, santai ajah…nikmatin hidup, garansi memang perlu tapi bukan segalanya…mau gaansi apaun juga kalo lagi nasib sial, bb yah rusak….

    • dedy rahman a on said:

      Sy jg baru beli Odin 9550 garansi Bless, baru sekitar 1 mingguan …sampai saat ini belum ada masalah…mudah2an dapet yg baik kwalitasnya.

  61. Garansi BLESS Gila….gw beli neh BB Strom Odyn 9550 baru sebulan dah modar tuch kamera gak bisa di pake, gw ke distributor gw beli BB okelah dibantu, tapi endingnya keren bgt dah tuh garansi BLESS (BB Gw Bengkok semua tuch pinggiran casing n touch screennya gak enak bgt dipakenya, n next tombol camera n volume mendem semua…neh TEKNISI BLESS KOK DONGO YACH)…paling parahnya lagi tuch gw baru sebulan baru tau kl IMEI n PIN gw gak sama dengan mesin dengan stiker dibelakangnya berbeda..gw pengen tuntut bisa gak sih neh ke perlindungan konsumen…

    • sandi on said:

      Bisa banget…!!! Tapi loe ke garansi bless nya dulu. Minta pertanggungjawaban. Kalo mereka tidak bertanggungjawab, baru loe bisa ke Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen. Biar tidak terjadi kesalahan seperti kasus prita. Bila perlu, lo catat nama petugas yg loe temui pada saat tuntutan loe tidak terpenuhi, biar laporan loe lebih lengkap. Tapi biasanya….mereka kalo di anvam akan di adukan ke Lambaga perlindungan konsumen….baru deh, menanggapi tuntutan kita.

    • 😥 gue juga beli garansi itu di toko itc cempaka mas, nyesel banget baru baca ini artikel, belinya mahal, ada logonya T-Mobile, body bb nya gak enak banget sama batrenya kalo 30% langsung mati tanpa ada pemberitahuan batre low .. beli baru tapi ada aja masalahnya jahat banget yang jual 😥 sumpah

    • dedy rahman a on said:

      Mas Soni…Odinnya dibenerin sama tokonya apa sama Bless..?
      Sy setuju banget klo ada distributor yang semena2 dilaporkan ke YLKI…soalnya perlindungan bagi konsumen dengan masalah sekecil apapun harusnya dilayani oleh distributor terkait…jika tidak mau dituntut dan dipidanakan….karena mereka telah mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan barang…apalagi barang yang dijual oleh distributor adalah barang bernilai jual dan beli yang cukup tinggi/mahal. Motto bahwa ada harga mahal ada barang bagus…jangan sampai rusak gara-gara banyak beredar Blackberry yang nggak jelas after sales servicenya. Trims.

  62. Temen2 gw bli bb9300 bru pke 1bln errooooor trackpad g jalan pas di servis kebetulan garansi bless…tp smpai sekarang udah sebulan lebih bless blum juga selesai betulinnya knp x y kecewa gw lama betul?????

  63. sama mb dewi..BB strom 1 saya baru 3 minggu LCD jga dah mati ndri..kata countr yg q beli ni dikirim k jkrta dkmblikan k garansi Bless lg..tp udh hmpr 1 bln,blm nyampk2 ya?kok lama ya?pdhl mw lebaran,contact tmn2 lama d BB smw lg

  64. alainnovember on said:

    sebenarnya pada saat produksi di pabriknya bagaimana quality controlnya ya ? kenapa di thread ini ada banyak user yg menjadi kecewa ? ga mungkin asal produksi lah ? “customer satisfaction” please..

  65. fildza on said:

    iyaa hati” aja kalo beli bb yg garansi bless . pokok nya ga aman banget . masa gue beli yg garansi bless ga ada no imei nya . padahal nomor imei itu penting kan ?? truss headset nya juga ga bener . apa lagi batre nya cepet banget habis . pdahal masih setengah eh tiba” mati dan harus di cas ??? hadehhh…

    • ko sama batrenya lansung mati bgtu, aku juga bgtu hiks hiks 😥 udah ganti batre tp setiap aku download aplikasi batrenya bgtu lagi, masa aku gk boleh download aplikasi apapun biar batrenya bener -_- bb nya eek bangetlah, padahal baru beli

    • dedy rahman a on said:

      mbak Fildza…emang nggak dicek ya IMEI nya waktu beli…? Sy beli STORM2 juga garansi BLESS tapi semua dah saya cek…baik kesesuaian IMEI dan no. PIN nya…sampe hari ini sih belum ada masalah. Cuma ada yang aneh hanya pada earphone…kok biasa bangets bentuknya dan nggak ada logo BB nya. Samsung lama saya aja earphone nya ada logo Samsung nya. Micro SD juga nggak dapet, kata penjualnya ada yang dapet ada yang nggak….padahal seharusnya dapet…itupun taunya saya baru belakangan…. Tau dech mana yang bener…. 😦

  66. yandri150cc on said:

    jadi jika ingin beli BLACKBERRY yg bnar2 resmi..
    harus membeli di mana..?
    khusus nya untuk daerah Jakarta..
    mohon di jawab..
    terima kasih..

  67. HP gue BB storm 9530 bru lsbln bli dah g bs nyala gransi royal, mau tnya biasanya btuh wktu brp hri yah klo mo digaransiin/service dr gransi tsb ?

  68. terimakasih pak Alex atas pencerahannya, sejak baca ini jadi lumayan faham, jadi tambah penasan untuk mencari tahu sehubungan dengan kekcewaan teman-teman pengguna Blackberry di lingkungan saya.. mungkin ini sebagai referensi kalau mau beli Blackberry disini http://id.blackberry.com/peaceofmind/dealer.jsp

  69. atau bisa membeli di Pusat Pelayanan Pelanggan Resmi BlackBerry® di lokasi-lokasi berikut.
    http://id.blackberry.com/peaceofmind/location.jsp

  70. sangat tidak menyarankan beli BB bergaransi BLESS,,janji sebulan ternyata sampai sebulan lebih belum selesai juga, BB saya rusak kena SOS , padahal baru beli 6 bulan lalu, BB selama pemakaian tidak pernah jatuh atau kena air…tgl 5 agustus 2011 saya di sarankan oleh toko penjual untuk mengklaim service(karena masih dalam masa garans), pihak BLESS menjanjikan paling lama satu bulan sudah jadi, tetapi saya sampai sekarang belum selesai juga,,kapok beli HP apapaun bergaransi BLESS,,,,

  71. ya cukup sekali saya beli diroyal….ketipu….hp baru 1 bln rusak susah bgt diperbaiki….cpd

  72. pak saya mau share aja neh…saya dlu selalu beli garansi tam di toko pda hasilnya gx ada masalah dan ok banget tapi kemaren ini saya mau beli bb bold 9000 karena katanya uda discontinue makanya saya cari yang distributor n dapet royal punya saya beli trus bawa pulang baru sampe mobil mau pulang,saya masukin hp nya ke sarung n gx bisa dicabut dari sarung padahal dlu saya pernah beli bold jg sarung nya ok..untung yang jual hp nya ok dia langsung gunting di ganti sarung nya…setelah saya bawa pulang pas malem saya utak utik ehhh hp nya eror kalo kita ganti nada dering nya nanti bisa tiba2 suara nya ilang dan musti direstar baru ada suara lagi…saya bawa lagi ke toko nya dan dituker yang baru..saya coba ok lah…eh tapi pas barusan coba gitu lagi..tapi gx separah yang pertama…tu garansi nya royal…saya bingung apakah barang saya barang second di baruin doank atau gmn…
    just share

  73. kalo garansi STAR MOBILE SURABAYA? ada yang tau ga?
    saya pgn beli bb tour,tp adanya cm garansi STAR MOBILE…

    SARANNYA YAA GAN =D

  74. meliana on said:

    kalo comtech tuh bagus gak si ???? karena temen saya ada yg bilang kalo comtect tuh jelek, huhu, sedih 😥

  75. gilang similikiti on said:

    garansi bless cuman bisa bikin emosi. saya baru beli bb storm1. bari sehari basser nya kena. LCD berkedip. setelah saya balikin ke tokonya, katanya gag bisa digaransikan, dngan alasan kesalahan user. gila gag sih? padahal saya nabung nya udah lama. sampe kuliah aja gag makan pagi. saya hanya ingin keadilan aja. saya orang susahhhhhhhhh

  76. waduh pusing euyyyyyy ga jadi beli ah

  77. GW dapet bb 9300 3g dari preman st.jati negara 350rb garansi preman aman-aman aja gak ada masalah yang berarti . . . .

  78. wah ini gimana sichh garansi BB pada main lempar2an gini …

    saya yg mau tanyakan GARANSI BB Mana Yang Resmi… Tolong donk beritahu saya dan orang2 awam ini yg bimbang dengan garansi2 yang di berikan oleh Distributor

    tolong di jawab

  79. wong mumet on said:

    aku mumeeetttt….. gawe cross wae wesss…. rusakk buang…..

  80. jancukk kabeh kowe

  81. Pingback: blackberry curve

  82. sayyidin on said:

    saya mau crhat nh masalh saya ke temen2 semua, kamren tuh saya beli BB strom2 dengan garansi bless, ternyata barang nya itu rekondisi, trus saya bilang sama konternya, trus dia ganti dh dengan BB baru lagi eh ternyata sama aza itu BB rekondisi juga. disitu th saya bingung banget yh udah dh saya terima aza. eh tpi setelh 1-2 hari kesini itu BB malh banyk yg gk bner dari mulai headset nya kurang bagus suaranya terus charger nya juga bermasah masa tiap kali kalo ngechas itu BB gk bisa di pake sh??? tpi kalo pake punya orang lain mh bisa tuh di pake lancar.
    menurut temn2 semua saya harus gmna yh?? saya bingung banget,, tolong beri sedikit solusinya !!
    mkasih..

  83. sandi andri on said:

    Saya pakai BlackBerry™ torch 9800, garansi Seluler Media Infotama. Baru pake 8 thn. Tapi slider nya sudah mulai macet dan kadang2 sulit utk digerakkan. Yang mau saya tanyakan, apakah slider termasuk dalam garansi?
    Kalau tidak termasuk garansi, kira e berapa kah budget yg harus saya keluarkan utk memperbaiki slider handphone saya?

  84. Storm 9530 ku garansi WII, 2bln LCD blank. Kubawa ke toko tempat belinya utk minta tolong kirim ke WII. 2 bln kemudian sy datang tanya keadaan bb sy. Ga taunya LCD sdh dibongkar sendiri sm toko sy dan diganti baru. Bilangnya WII ga mau nyervis krn kesalahan user. Pdhl jatoh aja ga pernah. Nah tololnya si toko, dia sok tau main bongkar aja ganti LCD baru. Emang skrg dah nyala lagi, tapi krn udh dibongkar2 gitu, ngelaporin janji garansinya WII ke lembaga perlindungan konsumen ya percuma. Lha skrg kondisinya udh bongkaran toko. Lagian yg mencurigakan, itu toko kayaknya ga pernah ngirim bb sy ke WII krn dia sdh tau duluan bhw garansi WII ga bisa diklaim. Tapi ngeyel katanya udh kirim ke WII tapi dikirim balik sama WII tanpa diservis. Sy tanya mana bukti pengirimannya dia blg hilang. Harusnya dari awal dia kasitau bhw garansi WII ga bisa diklaim, shg sy ga perlu beli brg itu. Klo udh kayak gini, sy mo ngadu kemana coba? Rasanya mangkel banget! Apalagi sy dulu juga beli bb bold ditoko itu garansi bless

  85. Boleh tau alamat dan Nomor telepon Garansi Royal yang di Roxy??

  86. saya jg korban wii onix2 yg ada lambang t-mobile it,, waktu rusak saya bwa ke toko trs toko ngrim ke wii,, sebulan menunggu trs pas nyampe ditoko trs dicek lg eh malah ngeblank,, kecewa bgt saya sebagai konsumen… padahal saya baru makai 3 minggu t bb,, sekarang disurh nunggu lagi,, sudah masuk 1.5 bulan saya menunggunya…

    • kartotuying on said:

      Sy beli garansi TAM sudah setaun ™ aman” aja tuh, tidak pernah ada masalah atau keluhan apapun. Penyimpanan dikantong celana jeans selama kerja, dan sering tertekan atau terbentur ™ gak pernah rewel tuuuh….. Apa karena lagi mujur aja ya dpt yang bagus. ​​【ツ】 みA◦”̮◦みA◦”̮◦みA◦”̮◦

  87. aduh…,kok kayaknya BB itu hp yg ga baugus ya…,ga kaya nama besarnya….,banyak keluhan banyak yg rusak, banyak yg rekondisi..,jadi takut make BB ku ini..,mending di taruh di pigura…, dipajang di tembok buat hiasan dinding aja biar ga rusak-rusak ya…,habis harganya kan mahal..,sayang klo cepet rusak…

  88. cuma sekedar share.
    aku baru 2 hari yang lalu, 10 Des 2011 beli Torch 2 dengan garansi ROYAL. Sehari pertama dipakai ngga ada masalah.
    Tapi anehnya, pas di full turn of, di LCD nya ada ‘Lambang BB dengan tulisan di bawahnya Property of Research Motion just for Engineer and not for sale or lease.’

    Karena semakin ngga yakin, aku browse di google dan dapat link ini http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr untuk ngecek imei dan pin cocok atau ngga.

    Setelah dicek, imei itu unavailable. kotaknya bertuliskan made in Canada 1. saat dicek di link tersebut malah North America.

    Hedeh!

    Hari ke-2, itu Torch baru minta reset terus dalam waktu 1 jam sudah berkali-kali. Touch screennya ngga bisa diapa-apain. Alt + Shift + Del juga gak bisa.

    Terpaksa copot batre dan ngecek di bagian belakang ternyata handsetnya ada tulisan ‘Property of Reseach in Motion.’

    Aku pikir ini jangan-jangan barang yang dibagikan untuk karyawan secara gratisan tapi sama Royal diperjual-belikan. Setelah aku kembalikan ke toko, penjualnya ngga mau mengganti dan malah minta potong 200.000 kalau mau ditukar dengan kata lain ngga ada tanggung-jawab.

    Akhirnya daripada kepikiran terus dan ngga enak kerja, aku langsung tukar Torch 2 dengan garansi TAM karena dari awal beli BB dengan beberapa tipe, setiap beli TAM ngga ada masalah.

    Jadi, saranku, jangan beli garansi Royal, deh!
    Hati-hati banget! Harganya sih emang lebih murah berapa ratus ribu, tapi sakit hatinya itu kalau tau dapat barang jelek ngga akan sebanding dengan apa yang kita dapatkan dengan membeli garansi TAM.

  89. Nimbrung ah,
    Saya pake bb onyx garansi TAM 2 tahun, tiba2 setelah saya pake sekitar 2 bulan ada masalah dengan cameranya yg gak bisa di pake ( blank ) awal nya mau saya service ke TAM dari tempet saya beli bilang mau kasih ke dia atau kasih ke tam langsung gak masalah, tapi katanya biasanya kalo udah masuk ke sana paling gak 1 – 3 bulan tuh bb masuk bengkel, saya pikir rugi juga ya bb harus oof selama itu mendingan beli baru aja.

    Karena disini saya beli BB bukan buat style atau gaya2an tapi buat kebutuhan komunikasi yg padat serta mobile ( email, ym BBM, call, dll ) terutama email dalam \sehari ratusan email masuk

    jadi setelah kejadian itu saya malah lebih ingin beli BB jika ada yg jual BB BNIB tapi dalam bentuk rakitan hehehe, jadi bisa tambah beli sesuai kebutuhan. Jadi BNIB nya masih harus di rakit lagi dan gak perlu garansi sama sekali biar murah jd kalo rusak ya rakit lagi dst nya. dari pada beli mahal eh garansi jg proses lama kan repot. mendingan harga murah kalo rusak beli lagi. misal kalo beli baru harga 4 jt kalo rakitan harga 500 rb kan enak gt aja beli 8 buah untuk di rakit kalo rusak rakit lagi hehe

    karena menurut saya barang buatan RIM ini gak bagus2 bener sih tapi di hargain mahal, kalo boleh dibilang harga hardware ama software nya kisaran 30 : 70 jadi 70% harga oS nya,

    jadi kalo bagi yg awam atau cuma mau gaya2an saran beli bb garansi yg banyak di pake orang spt TAM atau beli di operator telko. kalo yg gak bgt memperhatikan masalah itu beli aja yg BM atau refurbish tp kalo bisa yg pin aman se umur hidup.

    jadi disini menurut saya gak perlu ada garansi royal dll,

    pilihannya garansi teratas ( telko operator, TAM dll)
    atau BM sekalian atau BB cina sekalian atau BB rakitan sekalian

    • Sandi Andri on said:

      Yup. Saya juga gitu. Amannya beli 1 yg garansi resmi dan satu lagi yg rakitan. BLACKBERRY™ saya garansi TAM rusak slide nya. Dan harus diperbaiki selama 1 bulan. Ternyata baru selesai setelah 2 bln 2 minggu. Nah….selama 2 bulan tanpa komunikasi, Email dan BBM? Gak mungkin juga kan? Mkanya saya beli 1 yang refurbis. Alhamdulillah _dah 7 bulan gak pernah ada masalah dgn BlackBerry™ refurbis saya. Pin nya juga aman2 aja. Jadi meski BlackBerry™ saya di reperasi di TAM, komunikasi tetap lancar. Yang perlu diperbaiki itu adalah di RIM sendiri dan mitra distributirnya (TAM, Selular Media Infotama, Telkomsel, XL, Indosat, 3 dan Axis). Kenapa perbaikan selalu memakan waktu bulanan? Apa tidak bisa di persingkat jadi 1 minggu atau 2 minggu?

  90. kesimpulan nya garansi yg bagus itu apa ???
    TAM??
    ACS??
    atau yang laen……
    minta pencerahan nya
    please …….

  91. ACS itu bukannya garansi toko, ya?

    • Vincent on said:

      Salah satu caranya, ga usah pake BB kalo gampang error. Hehehhehe. Pake iphone aja kn lebih gaul gitu. Hahahha
      Bb kn singkatannya barang bobrok. Hehhehe

  92. ngaceng on said:

    klo pakai BB trus keren gitu…??? kunooooooooo……ngapain juga bb an, telpon aja napa… makanya jgn pelit…..hari gini masih kierim pesan…telpon dong……..

  93. rheno smg on said:

    sy pemakai bb onyx 2 distro TAM sdh selama 1 thn lebih tdk pernah adai masalah dng bb sy, aman2 sj, dr sekian banyak distro menurut pengalaman sy hanya TAM lah yang “number one”, sy menyarankan bila mau beli bb jangan membeli yg refurbish lebih baik beli second tapi bergaransi TAM dan masih segel, segel bisa dilihat dari bautnya msh ada stiker birunya. bila stiker birunya rusak berarti sdh pernah diservis, jngn dipilih.

  94. hafitz on said:

    beli yg TAM d jamin gk nyesel krna itu distributor resmi RIM yang d akui dan dpt dipertanggung jawabkan….okey

  95. saya mau tanya,. garansi bLess itu bertanggung jawab atau tidak sih?

  96. kemmasreza on said:

    saya batu 2 minggu beli bb curve 3G 9300 bergaransi WII tiba2 dua hari setelah beli langsung hank seperti: jaringan tiba2 SOS (labil), kursor bergerak sendiri ketika mengetik, browser tidak bisa digunakan tidak tau knp, kalo dilock tiba2 tidak bisa dibuka, pokok nya banyak sekali keluhan nya, sekarang bb saya taro di lemari dan tidak digunakan. rencananya bsk saya mau ke ITC kuningan ke pusat garansi distributor WII !! apakah WII akan menganti handset baru? mohon pendapat nya trims 😦

  97. ferlianty on said:

    mau tanya…. lebih bagus garansi TAM atau BLESS ya?

  98. drtdi cuma gsm aja yg di bahass,,,mau nnya,,klo bb cdma tu gmn sih?? mmg bner ada ya?? mau nnya klo bb cdma garansi acs ada ya??

  99. mantap tu,ta baca dari atas kebawah keliatannya banyak yang menemui jaln buntu…,jadi takut q beli BB,padahal baru nabung mau beli BB…..

  100. Kayaknya lbh bagus beli garansi TAM, apalagi mereka baru buka pusat penjualan diGAndaria City yg diklaim terbesar diAsia. Klo yg lain agak g jelas berhubung saya jg jd korban krn BB saya br 3 hari trackpadnya udh hang. dan ketika diklaim ke toko untuk ganti baru pihak toko menyarankan untuk diklaim keagen yg prosesnya bisa 2mingguan itupun klo diganti. Akhirnya saya coba claim ke Distributor langsung, tp karena bingung nyari tempatnya sehingga nyampe ditempatnya udh kesorean. memang dilayanin sih walaupun udh tutup, tp ujung2nya BB hrs dititp untuk diproses untuk pengantian yg baru yg makan waktu 2-3 hari dan sekarang dalam tahap menunggu kepastian penggantiannya. Ribet bos, udh beli mahal2 gampang rusak pula. mending beli hape Cina yg murah tp tahan “banting dan lempar”, tidak seperti BB yg mahal, tidak dibanting aja udh rusak sendiri dan garansinya tidak jelas serta berbelit-belit.. hati2 klo beli dan sebelum beli buat perjanjian dulu sama tokonya klo ada gangguan solusinya gimana?. klo g jelas mending cari ditempat lain aja yg bisa memberi jaminan yg jelas dan memuaskan.

  101. wong siji on said:

    GW DAH RENCANA N NGEBET BANGET BELI BB , TAPI BACA BNYK X KELUHAN DIATAS N KLAIM YG GAK JELAS KLO RUSAK JD BATAL DEH BELI NA..BAGUSAN BELI HP CINA Z..MO BANTING,LEMPAR DIAPAIN Z GAK MASALAH ..PALING2 RUSAK BUANG Z.DR PD HAPE MAHAL2 STATUS GAK JELAS ..

  102. AFRIADI on said:

    ADA YANG TAU GAK DI MANA ALAMT WEBSITE RESMINYA GARANSI COMTECH

  103. Pingback: Jual Beli Kaskus Online

  104. rian apriyansyah on said:

    Saya baru 3 bulan beli blackberry curve 8520
    Sampai sekarang, foto fropil saya di bbm belum terlihat di kontak bbm teman saya ”
    Yang М̲̅ªů saya tanyakan” garansi gerindo yang α∂a̲̅ di jakarta selatan dimana ?
    Tolong kasih alamat nya
    Terima kasih

  105. Pingback: desain kaos

  106. Pingback: jaket kulit

  107. sangat kecewa dan tertipi dengan garansi WII , bb storm 9530 saya masalah pada touch screen nya dan saya bw ke WII dan harus diganti LCD nya pengerjaan nya sangat lama 1 bln alasannya LCD hijau susah spare partnya, ok sy dapat mengerti. lalu selang 2 bln saat ini LCD saya tidak terjatuh atau tertekan tiba2 mati tdk bergambar lalu saya bw kembali ke WII namun di vonis terjatuh cuma gara2 ada lecet segaris wajar pemakaian dibilangnya retak jadi tidak bisa di garansi, karna saya orang awam mengenai spare part , saya mw tw dalaman lcd nya cari tw di internet ternyata pada saat diganti LCD nya yang kuning bukan yang hijau ” kenapa WII itu berbohong yang pada custumernya” saya sangat merasa di tipu.bener benar sangat kecewa.

  108. Pingback: 1.7.4.0, crack, download, free, free download, frei, hands, kostenlos, leaked, no, no hands seo 1.7.4.0, seo

  109. embah.adam on said:

    GUa pengguna BB Gemini Ver.CDMA garansi wii Shop, Alhamdulillah udah hampir mau setaon gag ada msalah apapun….yang penting teliti sebelum membeli…:)

  110. setiap pengerjaan hp aa yg bisa dan ad yg tidak bisa,,yg bisa konsument puas yg tidak mereka kecewa ,,udah hukum rimba sob…semua ini..semua teknisi hp jg manusia,,mereka berusaha mencari nafkah juga manusia wajibnya saling mnghargai sob,,,ga sah njlek2in ikasih saran saja cukup…

    • Ktnya hukum rimba…?? Djelek-jelekin g mau?? Emang bli hanphone pake daon kering?? Wajar ajjahh klo playanan mengecewakan djelek-jelekin…masa’ customer yg hrs maklum!!??

  111. sandiandri on said:

    Kebetulan saya pake 2 BlackBerry. Satu Dakota garansi TAM yang alhamdulillah 1 thn pemakaian gk pernah bermasalah. Saya baru beli gemini 3G (9300) garansi bless 2 bln lalu. Tapi tiba-tiba 1 minggu lalu BlackBerry gemini saya nge-frezee. Setelah loading maka akan muncul jam kecil yg berputar dan tidak hilang-hilang sampai akhirnya baterai BlackBerry saya habis. Saya coba melepas baterai sekitar 3 menit, tapi kejadian yg sama tetap berulang, saya putuskan untuk menginstal ulang BlackBerry saya, tapi sebelumnya saya ingin membeck_up data saya ke PC pake desktop manager. Setelah saya sambungkan ke PC, ternyata Desktop Manager saya tidak bisa mendeteksi sambungan BlackBerry saya. Saya ulangi berkali-kali tetap tidak terdeteksi. Saya coba mengganti nya dgn Dakota saya, barangkali Desktop Manager saya yg bermasalah. Akan tetapi Dakota saya dapat di deteksi oleh Desktop Manager saya. Akhirnya saya putuskan untuk mewipe BlackBerry saya pakai aplikasi BBSAK. Akan tetapi kejadian sama berulang. BBSAK tidak dapat mendeteksi sambungan BlackBerry gemini saya. Akhirnya saya putuskan langsung untuk menjalankan AppLouder dari OS yg saya instal dari BLACKBERRY.COM. Tapi kejadian sama tetap terjadi. BlackBerry saya tidak dapat di deteksi. Kira2 ada yg tau apa yg terjadi dgn BlackBerry saya? Dan apa yg harus saya lakukan? ebetulan saya pake 2 BlackBerry. Satu Dakota garansi TAM yang alhamdulillah 1 thn pemakaian gk pernah bermasalah. Saya baru beli gemini 3G (9300) garansi bless 2 bln lalu. Tapi tiba-tiba 1 minggu lalu BlackBerry gemini saya nge-frezee. Setelah loading maka akan muncul jam kecil yg berputar dan tidak hilang-hilang sampai akhirnya baterai BlackBerry saya habis. Saya coba melepas baterai sekitar 3 menit, tapi kejadian yg sama tetap berulang, saya putuskan untuk menginstal ulang BlackBerry saya, tapi sebelumnya saya ingin membeck_up data saya ke PC pake desktop manager. Setelah saya sambungkan ke PC, ternyata Desktop Manager saya tidak bisa mendeteksi sambungan BlackBerry saya. Saya ulangi berkali-kali tetap tidak terdeteksi. Saya coba mengganti nya dgn Dakota saya, barangkali Desktop Manager saya yg bermasalah. Akan tetapi Dakota saya dapat di deteksi oleh Desktop Manager saya. Akhirnya saya putuskan untuk mewipe BlackBerry saya pakai aplikasi BBSAK. Akan tetapi kejadian sama berulang. BBSAK tidak dapat mendeteksi sambungan BlackBerry gemini saya. Akhirnya saya putuskan langsung untuk menjalankan AppLouder dari OS yg saya instal dari BLACKBERRY.COM. Tapi kejadian sama tetap terjadi. BlackBerry saya tidak dapat di deteksi. Kira2 ada yg tau apa yg terjadi dgn BlackBerry saya? Dan apa yg harus saya lakukan?

  112. Saya sangat kecewa dengan pelayanan blackberry service yang di BEC lt 4,BB Curve saya ngadat kondisi mati total,singkat kata saya sodorkan kartu garansi dengan tanggal pembelian jan 2012 katanya kondisi seperti ini tidak ada jaminan garansi dan saya harus membayar 100.rb,semua saya lakukan dengan menunggu layanannya yang begitu lama padahal hanya saya sendiri customernya,setelah itu memang nyala,tapi sesaat saya charge lagi selama 2 jam, hasilnya sampai sekarang tetap mati total,mohon agar saya dapat layanan yang semestinya dengan data pendukung no imei : 351505058604557,saya minta service BB lainnya di Bandung serta hari Sabtu-Minggu buka jam berapa sampai jam berapa.

  113. yohan on said:

    mau nany.sy pux hp bb 8520 buatan hungaria gambarx jadi bersusun.pergi t4 service katax LCDx rsk uda d ganti senjk ambil jarang d pake 1hari sesudah d ambil penyakitny datang lagi.di kemblikn d t4 service tapi blm2 selesai. sy takut jgn sampe spart y asli d ganti2.tolong brikan solusiny.trimakasih.

  114. ricky on said:

    BLESS emank parah,2 bulan yg lewat gemini ade saya nge reset(blank putih)…dibawa ke tokonya,katanya klo masuk garansi bbnya ditinggal trus tunggu sales dr BLESSnya dateng utk bawa ke BLESS pusat utk dibenerin tp penjaga toko ga tau datengnya kpn tuch SALES,dia bilang bs seminggu sekali,sebulan sekali,atau 2 bulan sekali….trus kpn mw dibenerin klo nunggu salesnya aja segitu lamanya…akhirnya si penjaga toko nawarin diupgrade software tp bayar 75rb,yaaa drpd bbnya ditahan sebulan or 2 bulan gpplah bayar segitu(tp dlm hati apa gunanya kartu garansi klo msh bayar)…trus sampe skrg emank bbnya ga pernah ngereset lg,tp baterenya cepet bngt abiznya..klo penuh ga sampe 2 jam udah abiz,dicoba pke batere yg lain tetep aja kt gtu….kayanya emank bbnya yg nyedot bateremjd ga bs lepas dr charger,saran gw yg mw beli bb garansi BLESS mikir2 lagi dech,emank murah sech drpd garansi resmi,tp klo yg usernya gunanya utk kerjaan/bisnis ini jatohnya lebih mahal,rugi besar gara2 ngirit klien/relasi bisnis pd kabur gara2 bb kt ga bs dihubungin

  115. dodododo on said:

    jatoh beberapa kali, kecipratan ujan, gontaganti sim, awet2 aja 9780 (onyx2 saya) garansi sellularshop, 😀

    klo mau beli jangan nanggung, agak mahalan dikit tapi bener barangnya,

  116. saya make BB gemini 8320 yg ada tulisan T-Mobilenya udah setahun awet2 aja tuh..
    emng kalo beli BB itu untung2an dan harus bener2 teliti

  117. gw nyesel beli bb garansi bless krn waktu bb gw hilang tidak bisa di bantu untuk pemblokiran PIN oleh pihak INDOSAT krn karena garansi tersebut tidak rekanan dan service center bless pun sama tidak bisa membantu

  118. manusia.iseng on said:

    dlu wkt pertama kali, ane rasa garansi distro msh jujur. curve 8320 ane awet super. kemudian ane beli storm 9530 berindo, pdhal ane maunya yg 9500, ane ga butuh cdmanya soalnya. dan ternyata, ane croscek, kabel data palsu, charger palsu, lcd kw. terjadi juga pd storm 9530 tmn ane. beli di itc roxy mas. ane bingung, harus salahin siapa. toko atau distributor yg mencurangi isi dr paket storm ane?

    lcd storm ane touchnya lompat2 skrg, ternyata toko atau dr berindo ga bilang, klo servis sparepart cm 1 thn, 1 thnnya lagi garansi servis. tahek. mau nebus lcd baru dr servis center berindo, harus bayar 350rb flex kuning. ga percaya ah ane, ntar dikasih lcd kw. yg cuma tahan 1 tahun. beli dmn dong ni sparepart asli? klo bisa yg sparepartnya dibuat oleh negara aslinya, bukan yg dr china, meskipun pabrik sparepart henpon ori ada disana juga. tapi tahek sekali lagi, di guangdong, china, bnyk pabrik sparepart tiruan. liat2 ebay.

    ga bakal lagi ane beli BB di konter atau beli dr distributor independen. meskipun dari tam, ane milih ga di konter itc, mending ke dealer tam, ss, comtech sendiri, atau beli ori dari bundlingan operator kita. beli di galerinya. dijamin ori. 🙂

    sengaja ane tusuk, buat pedagang konter, jualan harus jujur. distributor independen juga, jangan main curang. krn, mata kepala ane sendiri pernah liat, karyawan konter bodoh lagi membungkus ulang plastik dus henpon. lagi dipanasin pake hairdryer. terlebih dilakukan diatas etalase toko. sungguh bodoh. ketauan. hahaha

  119. manusia.iseng on said:

    tambahan, storm 9530 ane, di box terdapat stiker ditjen postel, namun pada bawah batre, tidak terdapat stiker ditjen postel. stiker disamping dus pun terlihat palsu. wong kliatan pake printer murahan. kemakan ane beli tu storm. sial.

    namun, imei tembus. pin bb rada aneh, angka semua. takutnya suntikan ni.

    terakhir, toko tempat ane beli storm, pindah. toko sebelah gada yg mau kasih tau, ditelpon ga ada yg angkat. servis centre berindo juga busuk. main pindah tempat aja. mana tukang servisnya kaya orang bloon br ngeliat hp lagi.

    terlebih yg paling ngeselin. penjual bb blackmarket. wong hp second di rekondisi aja, ngaku barang baru. mana harganya sama aja mahal, beda 200-300rb aja. sparepartnya oc semua, alias kw.

    biar semua orang tau, bnyk pedagang bangsat yg pgn nyari untung.

  120. saya membeli BB Curve 8520 garansi GUTS. baru pemakaian 3 bulan BB saya rusak. katanya hardware / mesin nya. Sekarang sudah mau 2 bulan BB saya belum beres. katanya spare part dari pabriknya sudah discontinue alias tidak diproduksi lagi. pihak GUTS malah menawarkan solusi dengan menukarkan dengan BB yang berbeda dgn uang tambahan Rp. 700.000. Jika tidak ditukar maka BB saya tidak tahu kapan proses selesainya, menurut CS GUTS. nah kalo gini ceritanya bagaimana nasib BB saya? harus menunggu berapa lama? kepada para konsumen agar lebih teliti dalam membeli sebuah produk. intinya saya KECEWA dgn kualitas SERVICE GUTS. Mohon tanggapannya.

  121. uyuni hastuti on said:

    saya membeli BB davis, 5 Agustus lalu, tapi baru bbrp hari pake error dengabn notifikasi JUM ERROR 545 karena toko ga bisa bantu akhirnya dirujuk ke service centre, oh iya, saya beli Davis dg distributor BLESS, kembali bb error buat yg ke 2 dan ke 3 kali,,,, saya selalu bawa ke service centre, terakhir mrk bilang harus taruh di service centre selama sebulan untuk mereka coba perbaiki, kalau masih tidak bisa mereka akan ganti baru,,, apakah ada dari teman2 semua yang mengalami? apa memang bener akan diganti dg yg baru? saya blm follow up lagi ke service centrenya karena baru seminggu…. ada saran? please advice. trims

  122. sekedar mau berbagi pengalaman yg baru saya alami,

    saya membeli bb 9330 dengan garansi resmi bless “alamat sevice center cbd ciledug family mall Lt 1 tahap 1 blok E1 Tanggerang”, belum ada 2bulan pemakaian bb saya white screen “rusak lcd’, ketika saya cari alamat service center tersebut ternyata tidak ada, lalu saya pun membawa bb saya ke counter tempat saya beli bb tersebut (kebetulan lokasinya di mall cbd juga) dan menanyakan alamat serice center bless yang tertera di buku garansi, ternyata lagi-lagi saya dikejutkan dengan jawaban dari pemilik counter tersebut ” saya tidak tau alamat tersebut, saya hanya menjual saja”. lalu saya coba menghubungi nomer telp service center yang ada di buku garansi ternyata itu bukan nomer telp dari service center bless, dan kebetulan sebelum saya telp ke nomer tersebut sudah ada 40 orang yg nelp ke nomer tersebut dan semua menanyakan hal yang sama dan mendapatkan jawaban yg sama.

    kesimpulan saya bless itu berengsek!! bless penipu!!

Leave a comment