BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Update Garansi Resmi

Berikut adalah tulisan dari pak Agung W di milis BlackBerry®

BlackBerry saat ini merupakan smartphone yang paling banyak dicari. Selain untuk gaya atau menaikkan status sosial, kepraktisan BlackBerry membuat smartphone ini menjadi salah satu smartphone dengan penjualan tertinggi, bersaing dengan Android dari Google dan iPhone dari Mac. Untuk mereka yang mau membeli BlackBerry harus teliti sebelum membeli. Berikut ini saya coba sharing sedikit mengenai penjualan BlackBerry:

GARANSI RESMI

1. BlackBerry bergaransi resmi HANYA diberikan oleh operator lokal dan distributor resmi yang ditunjuk oleh RIM (TAM, SS, CTN)
2. BlackBerry bergaransi resmi ada yang memiliki logo operator lokal pada body Blackberry (kecuali Telkomsel), layar utama BlackBerry, maupun pada kartu garansi dan untuk BlackBerry garansi resmi yang dijual oleh distributor resmi tidak ada logo.
3. Garansi melingkupi jaminan service dan sparePart
4. Unit BlackBerry masih benar² baru

GARANSI DISTRIBUTOR

1. Merupakan BlackBerry tidak resmi yang membayar pajak kepada DirJenPosTel (Stiker DJPT)
2. Logo yang tertera pada BlackBerry adalah logo operator luar ataupun kosong tanpa logo, namun BlackBerry tersebut bukan BlackBerry yang dijual oleh 3 distributor resmi yang ditunjuk RIM serta operator lokal
3. Garansi melingkupi jaminan service dan Sparepart
4. BlackBerry ini sudah dapat menerima SIMCard operator manapun karena distributor membeli UNLOCK CODE dari operator asal atau membuka UNLOCK CODE dengan cara tertentu dan oleh sebab itu BlackBerry garansi distributor TIDAK murni baru karena sudah pernah dinyalakan untuk proses unlocked tersebut

GARANSI TOKO

1. Merupakan BlackBerry tidak resmi (Ilegal) 2. Logo yang tertera pada BlackBerry adalah logo operator luar ataupun kososong tanpa logo namun BlackBerry tersebut bukan BlackBerry yang dijual oleh 3 distributor resmi yang ditunjuk RIM
3. Garansi sesuai dengan perjanjian dengan toko dimana Anda membelinya biasanya antara 3 hari sampai dengan 3 minggu.

Ada tiga jenis penjualan BlackBerry:

1. Refurbish: Refurbish adalah BlackBerry (BB) bekas yang dirapihkan kembali dengan mengganti beberapa sparepart agar kelihatan seperti baru, harganya murah namun memiliki faktor resiko paling tinggi dibandingkan jenis penjualan BlackBerry lainnya. Umumnya dari tampilan fisik BlackBerry refurbish ini sulit dibedakan namun akan ketahuan dengan cara membongkar bodynya.

2. Black Market (BM): Istilah ini merujuk pada barang-barang yang melalui jalur tak resmi. Membeli produk BM meskipun itu garansi distributor non-resmi selama 1 tahun harus tetap bersikap waspada. Ini karena produk semacam ini bukan untuk dijual di Indonesia. Sebagai bukti yaitu IMEI-nya tidak terdaftar di Indonesia.

3. Original: Yang dimaksud dengan versi ini adalah produk BB yang melalui jalur resmi yaitu dengan proses RIM » operator lokal » distributor resmi » user atau RIM » distributor resmi tunjukan RIM » user

Sent from my BlackBerry® yang terus berganti

Single Post Navigation

8 thoughts on “Update Garansi Resmi

  1. sandi_andri on said:

    Apa benar garansi TAM itu distributor Resmi yang ditunjuk RIM? Bagaimana dgn garansi Berryindo?

    Tadi dikatakan kalau BlackBerry Garansi Distributor tidak resmi, sudah dapat menerima SIMCard operator manapun karena distributor membeli UNLOCK CODE dari operator asal atau membuka UNLOCK CODE dengan cara tertentu dan oleh sebab itu BlackBerry garansi distributor TIDAK murni baru karena sudah pernah dinyalakan untuk proses unlocked tersebut.

    Tadi dikatakan TAM merupakan garansi resmi. Jadi kalau saya Beli Blackberry™ dari toko dgn garansi TAM, bukan dari operator. Maka kartu apa yang akan saya gunakan? Krn katanta kalo garansi resmi itu masi di lOCK.

    • Rizky on said:

      Saya coba menjawabnya ya mas. Maksud dari bung Alex soal BB yang di lock itu adalah BB yang didistribusikan oleh OPERATOR lokal, kalau untuk distributor resmi selain operator (TAM, dkk), anda akan mendapatkan BB yang unlocked dan tanpa ada embel-embel logo operator di lapisan bawah BB maupun kartu garansinya. Jadi untuk BB yg dibeli dari distributor RIM non operator anda akan dapat memakai nomor operator pilihan anda.

  2. sandi_andri on said:

    Lalu bagaimana dengan garansi yang dari PT.TAM (Teletama Artha Mandiri), PT Comtech Cellular dan PT Selular Media Infotama? Apakah sama dengan garansi yang dari ke-3 operator resmi tersebut?

    • Rizky on said:

      Yang ini saya juga belum faham apakah misalnya BB yg saya beli dari TAM bisa klaim garansi di Indosat atau jalur distribusi lainnya, atau kah harus ke TAM nya lagi. Tapi saya kira mengingat mereka semua sudah ditunjuk oleh RIM maka nggk ada keraguan mendapatkan layanannya garansi/servicenya.

  3. yudi on said:

    Saya kemarin beli bb pearl 9105 dan tertera garansi 2 th oleh rimindo.apakah itu garansi resmi?

  4. enggar on said:

    beli hape BM dapet garansi dari TAM,
    gmna itu?
    baik-baik aja kan??

  5. Mas, saya beberapa minggu yg lalu beli bb 9300. Waktu nanya garansi nya brapa lama dibilang org tokonya garansinya 1 bulan saya terkejut, saya blg gini loh gak setaun ya? Iya, garansi dari kami 1 bulan. Itu garansi servisnya 1 tahun. Gimana itu mas? Jadi takut saya nanti belum lama hapenya udah rusak.

  6. Tolong dijawab ya mas. Penting bgt nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: