BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Etika Menulis

Banyak sekali tanggapan berbeda yang dihasilkan dari membaca tulisan orang lain, baik kesal, cuek, marah, sebal dan sebagainya. Menulis tidak bisa sembarangan karena huruf tidak bisa menggambarkan kondisi/keadaan emosional seseorang oleh sebab itu yuk kita menulis yang baik dan benar.

Huruf besar, lambang (!), koma (,), titik (.) dan beberapa lambang tulisan bisa menggambarkan kondisi emosional seseorang. Arti dari jenis dan ragam huruf serta simbol berbeda artinya, mari kita telusuri

  1. HURUF BESAR. Huruf besar/kapital jika dipakai hanya didepan satu kata berarti menunjukkan kebesaran (Allah), penghormatan atas nama orang (Alex), tempat (Jakarta) dan sebagainya akan tetapi JIKA TULISAN SEMUANYA MEMAKAI HURUF BESAR ARTINYA ANDA SEDANG TERIAK. APALAGI KALAU TULISAN DIPAKAIKAN BOLD DAN GARIS BAWAH TAMBAH TULISAN MERAH. Artikan sendiri kalimat dibawah ini:”KOK GITU SIH, MEMANGNYA SALAH APA?”Bandingkan dengan kalimat ini

    “Kok gitu sih, memangnya salah apa?”

    Mana yang lebih sopan dan mana yang intonasi nada yang lebih halus dengan membaca kalimat sama tapi jenis tulisannya berbeda?

  2. Lambang Tanda Seru (!). Namanya saja sudah Tanda Seru yang artinya berseru atau memerintah. Mari kita pakai lagi kalimat diatas dengan lambang berbeda.”Kok gitu sih, memangnya salah apa?”Kalimat ini menunjukkan intonasi nada mengalun karena belakangnya diberikan Tanda Tanya, jika diberikan tanda seru,

    “Kok gitu sih, memangnya salah apa!”

    akan dibaca dengan nada datar bahkan meninggi dan akan memberikan arti yang berbeda apalagi jika diberikan banyak tanda seru (!!!)

  3. Singkatan. Kalau anda ber-SMS ria, anda mungkin akan berusaha menyingkat semua kata supaya kuota 160 karakter bisa dipakai secara maksimal, itu sudah lumrah tetapi dalam etika menulis email atau di forum/milis/komunitas, jk anda sll mmkai sgktn dlm smua kata, akan bth bnyk wkt utk mencerna arti tlsn anda. Aq mls mbaca jenis tlsn spt ini krn beda org beda jg arti singkatan. Misalkan, dulu saya suka menyingkat dimana menjadi ‘dmn’, suatu ketika teman saya marah setelah saya kirim SMS itu yang berisi kata “dmn u”, katanya, “Emang gua salah apa ampe lu kirimin SMS tulisannya DAMN U”. Maksud saya adalah “Dimana lu?” Saya menuliskan itu tanpa tanda tanya dan singkatan dan salah di intepretasikan oleh teman baik saya sendiri. Hindari penggunaan singkatan dalam email dan tulisan di milis/forum/komunitas
  4. BiAr KeReN mUsTi GaUl DoNg NuLiZ pAkE bAhAsA gAuL atau pelit ketik spasi BiarHematTempatEmangnyaEmailBayarMahalYahSampaiMustiHematTempatSepertiIni? Pusing tidak membaca tulisan seperti ini? Jujur jika ada email dialamatkan kepada saya dengan tulisan seperti ini tidak akan saya balas. Lha, membaca saja aku sulit.
  5. Bintang (*), Tambah(+), Kurung () juga beberapa lambang/simbol tulisan berarti beda. Kalau dalam kurung pasti mengartikan kondisi yang bisa/mungkin terjadi atau sekedar alias, nah lambang (*) biasanya dipakai untuk mengartikan kondisi yang dialami.Contoh : *saya pegal mengetik tulisan ini pakai keyboard kecil*atau mengartikan keadaan atau tindakan, contoh :

    “Mana ada Gorilla masuk sekolah hahahaha” *jitak kepala Andi*.

    Tanda tambah (+) juga bintang (*) bisa mengartikan sesuatu syarat dan ketentuan, coba anda perhatikan iklan di koran banyak bukan tanda * dan + dibelakang harga barang atau tulisan, biasanya diartikan dengan *syarat dan ketentuan berlaku atau + tidak termasuk PPn

  6. Smiley. Jika anda ingin menekankan kondisi emosional anda lebih mendalam, gunakan smiley. Dalam dunia tulisan hanya terbaca beberapa jenis smiley saja dan tidak se-ekspresif di IM (Instant Messaging) sepeti Yahoo! Messenger atau MSN. Tunjukkan kalau anda sedang senang dengan senyuman🙂 atau tersenyum lebar😀 atau tertawa tergelak :)) atau bahkan sedih😦 dan sedikit cinta❤ *palingkan kepala anda menyamping dan anda akan melihat seperti senyuman dan sebagainya

Lho kok tulisan ini ngga nyambung sama tulisan teknis BlackBerry? Kita kan mahluk sosial, harus bisa bergaul dan menempatkan diri, dari gaya tulisan anda akan tercermin pribadi anda atau disalahartikan. Ada teman saya malah memasang signature seperti ini “Bahasa menentukan Kasta”🙂

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: