BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

FAQ BB Biz / BIS Lite / BB Business & BB Life / BIS Social / BB Lifestyle

1. Apa yang dimaksud dengan paket BlackBerry Business atau BB Biz atau BIS Lite?

Paket BlackBerry Business atau BB Biz atau BIS Lite adalah variasi layanan BlackBerry Internet Service (BIS) yang dimana pelanggan dapat menikmati layanan BlackBerry tertentu berupa email & chatting dengan harga murah per hari/minggu/bulanan.

2. Apa yang dimaksud dengan paket BlackBerry Lifestyle atau BB Life atau BIS Social?

Paket BlackBerry Lifestyle atau BB Life atau BIS Social adalah variasi layanan BlackBerry Internet Service (BIS) yang dimana pelanggan dapat menikmati layanan BlackBerry tertentu berupa social networking application & chatting dengan harga murah per hari/minggu/bulanan.

3. Berapa tarif layanan BlackBerry Business & Lifestyle?

Paket BB Biz & Life Harian, Mingguan dan Bulanan didesain sesuai dengan kebutuhan anda, yaitu:

Paket BB Biz Harian:

Tarif Normal Rp.5000/hari*

Paket BB Life Harian:

Tarif Normal Rp. 3000/hari*

Paket BB Biz Mingguan

Tarif Normal: Rp.28000/minggu*

Paket BB Life Mingguan

Tarif Normal: Rp.20000/minggu*

Contoh:

Pelanggan aktivasi paket harian pada tanggal 8 Agustus 2009, maka layanan ini akan diperpanjang secara otomatis jika pelanggan memiliki pulsa cukup (utk prepaid) dan postpaid pada hari ke-6 pukul 23:00.

Paket BB Biz Bulanan

Tarif Promo pada bulan pertama: Rp.65000/bulan*

Tarif Normal setelah bulan pertama: Rp.80000/bulan*

Paket BB life Bulanan

Tarif Promo pada bulan pertama: Rp.50000/bulan*

Tarif Normal setelah bulan pertama: Rp.80000/bulan*

Contoh:

Pelanggan aktivasi paket bb biz pada bulan pertama, maka pelanggan akan menikmati tarif hingga 30 hari ke depan Rp.65000. Layanan ini akan diperpanjang secara otomatis jika pelanggan memiliki pulsa cukup. Ketika perpanjangan pada bulan kedua dan selanjutnya, maka pelanggan akan dicharge Rp80000/bulan.

*Tarif untuk PraBayar (simPATI & KartuAS) sudah termasuk PPN & untuk PascaBayar (kartuHALO) belum termasuk PPN

4. Apakah fitur yang ditawarkan oleh BlackBerry Business / BB Biz / BIS Lite?

Fitur yang ditawarkan oleh paket ini adalah sbb:

  1. Email (Yahoo!, Gmail, dst)
  2. Chatting (BlackBerry Messenger, Yahoo!Messenger, Googletalk, dst)

5. Apakah fitur yang ditawarkan oleh BlackBerry Lifestyle / BB Life / BIS Social?

Fitur yang ditawarkan oleh paket ini adalah sbb:

  1. Chatting (BlackBerry Messenger, Yahoo!Messenger, Googletalk, dst)
  2. Social Networking (Facebook, Myspace, sementara untuk Twitter dan Aplikasi lainnya – coming soon)

6. Apakah fitur yang tidak dimiliki oleh BlackBerry Business & BlackBerry Lifestyle jika dibandingkan paket BlackBerry Unlimited / Full BIS?

Fitur yang tidak dimiliki oleh paket BlackBerry Business adalah sbb:

  1. Internet Browsing
  2. Social Networking (Facebook, twitter, Friendster, dst)

Fitur yang tidak dimiliki oleh paket BlackBerry Lifestyle adalah sbb:

  1. Internet Browsing
  2. Email

7. Jika pelanggan melakukan aktivasi BB Business, apakah perubahan yang terjadi pada device Blackberry nya?

Akan muncul beberapa perubahan pada device BlackBerry nya:

  1. Muncul Icon WAP Browser
  2. Browser hanya berupa hotspot browser. Tidak ada Internet Browser seperti pada Full BIS (Paket BlackBerry Unlimited).
  3. Service Book BIS Lite baru akan overwrite preloaded Service Book pada device BlackBerry pelanggan.
  4. Tidak ada lagi icon shortcut download untuk facebook atau aplikasi yang sepertinya.

8. Jika pelanggan melakukan aktivasi BB Lifestyle, apakah perubahan yang terjadi pada device Blackberry nya?

Akan muncul beberapa perubahan pada device BlackBerry nya:

  1. Muncul Icon WAP Browser
  2. Browser hanya berupa hotspot browser. Tidak ada Internet Browser seperti pada Full BIS (Paket BlackBerry Unlimited).
  3. Service Book BIS Social baru akan overwrite preloaded Service Book pada device BlackBerry pelanggan.
  4. Tidak ada lagi icon email kecuali message.

  1. 9. Jika pelanggan melakukan aktivasi BB Lifestyle tetapi kemudian tidak mendapati icon facebook atau icon instant messaging lainnya untuk didownload, langkah apa saja yang dapat dilakukan sebagai solusinya?

Hal tersebut besar kemungkinan karena service book yang dikirim tidak sempurna / lengkap, maka cukup lakukan alternatif sebagai berikut:

  1. Coba kirim ulang service book
  2. Jika terdapat wifi connection, maka gunakan hotspot browser lalu download aplikasi melalui http://mobile.blackberry.com/home
  3. Gunakan kartu lain yang sudah aktif layanan full BIS atau BES untuk download aplikasi yang tidak ada, lalu setelah download masukkan kembali kartu yang sudah aktif layanan BB Life/BB Biz
  4. Jika pada BB terdapat Application Center, maka download aplikasi yang dibutuhkan via application center tersebut.

10. Apa yang terjadi jika pelanggan mengakses WAP Browser pada device BlackBerry nya?

Akses pada WAP Browser Icon pada device BlackBerry akan mengarahkan pelanggan ke WAP Site Telkomsel. Akses pada WAP Browser ini akan ditagih sebesar tarif GPRS Normal Rp5/Kb

11. Jika pelanggan sudah mengaktifkan BB Business & Lifestyle melalui SMS/*303#/Cookies, tetapi tetap tak dapat menggunakan fitur BB. Apakah yang harus dilakukan?

Sesuai panduan dari RIM, hal yang bisa dilakukan adalah dengan delete semua existing Service Book dan melakukan prosedur “register now” pada HRT (host Routing Table) untuk memastikan layanan pelanggan mulai dari kondisi “bersih” – awal.

Langkah lain jika device BlackBerry pelanggan masih bermasalah, maka lakukan “wipe handheld”. Pastikan pelanggan untuk melakukan back up terhadap semua  file yang berada di dalam device BlackBerry nya.

Kemudian “Send Service Book” Ulang dari BIS Admin website atau http://www.telkomsel.blackberry.com

12. Apakah Fungsi Info Paket BB pada *303#?

Dengan fitur ini, pelanggan dapat mengetahui penjelasan singkat dan perbedaan antara paket BlackBerry Unlimited, paket BlackBerry Business & paket BlackBerry Lifestyle.

13. Bagaimana saya mendapatkan produk BlackBerry Business & BlackBerry Lifestyle?

Untuk memperoleh layanan ini, pelanggan dapat langsung aktivasi via:

  1. SMS ke 333: BBbizhari<spasi>reg atau BBbizminggu<spasi>reg atau Bbbizbulan<spasi>reg
  2. SMS ke 333: BBlifehari<spasi>reg atau BBlifeminggu<spasi>reg atau Bblifebulan<spasi>reg
  3. *303#: Cukup ikuti instruksi pada menu *303#. Pilih Paket BlackBerry Business  atau BlackBerry Lifestyle à Ikuti instruksi pada menu selanjutnya

14. Apa yang dimaksud dengan Unlimited pada paket BB?

Unlimited adalah penggunaan tanpa batas layanan BlackBerry yang dimana akses unlimited ini tidak termasuk jika pelanggan sedang berada di luar wilayah Indonesia (International Roaming), mengakses website/url yang bersifat streaming dan download, menggunakan Blackberry sebagai modem. Penggunaan tersebut akan terkena tariff Rp 5/kb.

.

15. Apakah pelanggan Corporate dapat menggunakan paket BB Biz/paket BB Lifestyle harian atau mingguan atau bulanan ini?

Pelanggan corporate dapat menggunakan layanan ini. Tetapi jika pelanggan corporate tersebut masih memiliki paket BlackBerry yang aktif dan atau kewajiban terhadap paket installment, maka pelanggan corporate tersebut tidak dapat menikmati paket – paket bb biz ini karena restriksi. Sehingga pelanggan corporate harus menghubungin account manager perusahaan yang bersangkutan untuk konfirmasi lebih lanjut.

16. Apakah proses perpanjangan paket BB Biz & paket BB lifestyle Harian/Mingguan/Bulanan terjadi secara otomatis?

Ya, Proses perpanjangan (renewal) terjadi secara otomatis. Dimana jika pulsa pelanggan (prepaid) masih mencukupi maka pada pukul 23:00 layanan BB Biz & BB Life Harian / Mingguan / bulanan akan diperpanjang otomatis. Untuk pelanggan (postpaid) selama tidak ada request via sms/*303# untuk berhenti berlangganan, maka layanan BB akan diperpanjang otomatis.

17. Apakah pelanggan bundling BB Telkomsel dapat menikmati paket ini?

Tidak, jika pelanggan bundling BB Telkomsel masih memiliki bonus discount yang didapatkan dari bundling BB tersebut. Pelanggan dapat menikmati paket BB Biz & BB Life harian / mingguan / Bulanan tetapi harus berhenti dari program bundling BB Telkomsel sehingga pelanggan akan kehilangan bonus discount BB pada bulan ke-5 dan ke-6 (contoh: untuk promo javelin).

18. Apakah yang harus dilakukan jika aktivasi/deaktivasi via SMS/*303# paket BlackBerry Business mengalami kegagalan berulang kali?

  • Selalu Catat komplain yang masuk termasuk juga code error yang diterima pada setiap sms kegagalan, contoh: “system sedang sibuk, mohon coba lagi <fp05>”. Code Error tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan & memperbaiki system atau jika trace jika terjadi gangguan menjadi lebih cepat.
  • Jika pelanggan postpaid, maka gunakan tools provisioning/deprovisioning pada Cookies.
  • Solusi sementara jika masih terjadi kegagalan, maka lakukan hal sbb:

–       Report ke Tim Contact Center/SOS

–       Terminate gprs blackberry melalui Cookies

–       Deactivate di RIM provisioning

–       Informasikan lewat ticket remedy ke IT dan email ke tim contact center yang kemudian akan difollow up ke PIC IT untuk me-remove MSISDN pelanggan dari database charging

  • Jika pada saat yang bersamaan semakin banyak terjadi incident kegagalan aktivasi / deaktivasi layanan BB, tolong dilakukan eskalasi ke tim contact center (INCIDENT Team) yang kemudian akan difollow up ke pihak terkait.

Single Post Navigation

6 thoughts on “FAQ BB Biz / BIS Lite / BB Business & BB Life / BIS Social / BB Lifestyle

  1. jika saya berlangganan biz tapi kadang2 ingin browsing dgn opera dan dikenakan tarif gprs imana caranya krn selalu masuk ke halaman telkomsel

  2. saya menggunakan produk im3 pada bb saya, yang kebetulan type 8310, nah saya pilih paket yang mail & chat bulanan, di situsnya ada tulisan pada paket mail &chat bulanan ini bisa untuk chat, mail, i-go, dan WAP.

    pertanyaan saya adalah apakah kalo saya menggunakan paket ini saya tidak bisa browsing, bukankah kalo kita pake wap itu kita bisa browsing yang akan memakan pulsa gprs ?

    menurut mas gimana ?

    • Betul, akan memakan pulsa. Jika memang tidak pakai, hapus semua isi TCP di Options-advanced

      • yenny on said:

        mohon bantuannya, saya pakai im3 dan BB gemini. lalu saya pernah pakai layanan mail harian trus diperpanjang otomatis, lalu saya coba unregister lalu terputus. setelah saya putus, pada hari itu juga saya tidak bisa lagi browsing menggunakan browser dengan pulsa gprs, hanya bisa menggunakan nya utk membuka facebook dr history saya, kalau membuka gugel saja juga bisa tapi begitu mau search lgsg there is no wi fi hotspot. saya liat di setting nya hanya ada hotspot browser saja, padahal kalau saya search2 bisa diganti mjd internet browser dll. mohon bantuannya…

  3. saya berlangganan paket bb unlimited telkomsel mingguan. tp sering down, pada hari terakhir paket saya meng unreg paket mingguan. kemudian saya mendaftar kembali ke paket bbunlmited bulanan, ada sms masuk yg menyatakan paket tersebut berhasil. tp sampai sekarang masih belum bisa digunakan. apa yg harus saya lakukan ?? mohon bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: