BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Mana SMS saya? Kok ngga ada MMS sih?

Bagi anda yang sering sms-an dan bingung ketika SMS masuk tapi tidak ada di folder message, jangan bingung itu karena sifat dari folder Messages. Folder Messages adalah kumpulan dari TOTAL MESSAGES dimana messages ini adalah seluruh transaksi data yang berbasis text/messages/pesan yang meliputi email, chat history (bbm, Y!M, Windows Live Messenger, ICQ, Google® Talk), notifikasi Facebok DAN SMS/MMS.

Jika anda bukan tipe yang suka utak atik, bilamana ada pesan SMS masuk, cukup masuk ke Folder Messages dan tekan :
ALT + S
dan kemudian akan langsung tersortir semua SMS anda baik masuk ataupun keluar juga yang terbaca atau belum terbaca.

Jika anda pengguna GUI (Graphic User Interfase) alias gak suka repot, cukup lakukan ini 1 kali saja. Masuk ke folder Messages, tekan Menu – Option – SMS & Email inboxes – seperate. Setelah itu save dan akan menemukan folder baru bernama SMS / SMS & MMS yang sebenarnya adalah filter dari folder messages tapi jauh lebih nyaman, cukup klik dan semuanya akan tampil.

MMS dalam dunia BlackBerry® sepertinya tidak penting tapi bagi anda yang suka MMS ke pengguna ponsel biasa masih bisa dilakukan TAPI semuanya Operator Dependent alias tergantung dari operator, apakah mereka menyediakan fasilitas MMS bagi pengguna BlackBerry®. Jika operator anda menyediakan fasilitas ini maka ada di service book anda modul MMS, jika (lagi) MMS tidak berfungsi silahkan Send Service Book. Setelah Send Service Book tidak muncul SMS & MMS maka operator anda belum menyediakan jasa ini. Dalam opini saya sebagai pemakai BlackBerry®, MMS tidak diperlukan karena berbayar dan terlimitasi dalam ukuran sedangkan email itu gratis dan ukuran file bisa sangat besar, berkali-kali lipat dari MMS.

Single Post Navigation

2 thoughts on “Mana SMS saya? Kok ngga ada MMS sih?

  1. Budi Santoso on said:

    Penjelasan bagus buat pemula spt saya. Melalui rubrik ini saya mohon info gmn caranya setting sms di BB agar tampilan nggak rame. kl saya sms an sama temen saya sampai 10X, nama temen saya itu akan tampil 10baris dari mulai sms mulai sampai selesai. jadi kalau saya sms sama temen2 lain, wah bisa baris nama2 merekadi layar BB. Di hp PALM (yg saya pakai sebelumnya) satu nama saja yg tampil dalam nama itu akan kelihatan semua awal sms smp akhir, jadi tapilan mirip chatting di yahoo… jd kalau saya sms dgn 10 orang ya hanay 10 nama yg ada di layar, sekedar info saya menggunakan BB 8320.

  2. mohon pencerahannya,menu compose MMS nya gk muncul mas admin,yg ada cuma sms dan email…..tolong di balas ya..

Leave a Reply

