BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Pertolongan Pertama Pada BlackBerry (P3BB)

Jika anda merasa ada yang aneh dengan BlackBerry anda mungkin email tidak masuk atau terlambat, BBM pelan dan sebagainya jangan panik, jangan salahkan handset anda dan jangan salahkan operator dahulu tetapi jalankan langkah P3BB ini :

  1. Cabut Baterai
    Banyak masalah yang terjadi adalah karena penuhnya memory sementara baik itu cache memory ataupun temp memory pada handset. Sistem BlackBerry akan menghapus secara otomatis conversation BBM, YM dll sampai email dan SMS jika diperlukan untuk memenuhi kuota minimal memory supaya tidak hang, sebelum hal ini terjadi sebaiknya anda cabut baterai, fungsinya adalah menghapus cache dan temp memory yang menumpuk (tidak kelihatan, tidak seperti cache memory pada browser) dan mereset sistem network.  Sering-sering cek sisa memory anda, jika sudah dibawah 5MB (5.000.000 byte) berarti banyak sekali memory yang terkuras, SEGERA CABUT BATERAI ANDA atau pakai software soft reset / quickpull sebagai penggantinya.
  2. SSB (Send Service Book)
    Masuk ke e-mail settings lalu login dengan username/password anda, pilih help dan send service book

     

    Capture23_45_23

    Gunanya adalah untuk mengirimkan Service Book (diilustrasikan sebagai pendaftaran ulang) jika pendaftaran ulang semua komponen yang ada di BlackBerry seperti komponen email baik CICAL/CMIME, konfigurasi browser, konfigurasi chat dll maka seluruh email account anda akan menerima email otomatis dari RIM, setelah itu biasanya jalur komunikasi data anda akan segar kembali

  3. Register HRT (Host Routing Table)
    Jika masih bermasalah juga, lakukan hal ini : Options – Advanced – Host Routing Table, pilih salah satu (mana saja) diantara listing berikut lalu klik Menu dan Register Now
    Capture23_32_55

     

    Setelah register HRT, anda akan menerima 1 email di folder Messages perihal BlackBerry Registration. HRT ini ini akan meregistrasikan handset anda ke jaringan BlackBerry dan memastikannya beroperasi dengan baik.

Single Post Navigation

45 thoughts on “Pertolongan Pertama Pada BlackBerry (P3BB)

  1. Om.. BBM saya lemot sekali
    sering kirim tapi sign deleverd-nya bisa diatas 2 menitan
    kadang kirim 5 message tapi masuknya ga berurutan seperti yang sdh diketik.. malah pernah ketik 5, masuk 3, 2 masih pending…😦
    tapi aplikasi yang lain normal (email, YM, dsb)
    jadi problem hanya di BBM
    saat ini saya pake BB 8310 dengan BBM ver 4.5.
    Saya sudah coba cabut battere, send service book dan register HRT, tapi masih juga lemot..
    adkah solusi lain ?
    mohon pencerahaan

  2. Saya punya bb curve 8320 tidak bisa mendeteksi jaringan atau sama sekali tidak bisa menelpon atau menerima panggilan telpon ( jaringan tidak ada). Mohon pencerhana apa yg harus dilakukan ?

    • gimana sich cara buka media card yang tersandi?? soalnya semua aplikasi tersimpan ditu. n juga smua aplikasi ga aktiv. kalo nelpon mncul pringatan gagal karna ad aplikasi tambahan. tolong ya

  3. yoedha on said:

    Boss tolong bantu saya,ngapa setelah saya upgread OS05 BB saya yg jenis Bold sering mati sendiri n memory internal sering tidak terbaca.thanks??? Mohon bantuannya

  4. Saya mau brtanya,apakah menu “capture it” sudah suspended?
    Sbab swaktu saya mau download,dtuliskan telah suspended..
    Thx..

  5. rizal darwis on said:

    Sy pny bb gemini 8520, Gmn sih cr menggunakan pin?apa hrs register dl?hubungan pin sama bbm?thks atas pencerahnya

  6. marvin on said:

    bro..
    saya jualan BB…
    saya melihat info2 di blog anda bagus..:D

    bole saya copy gak..?
    kasi tao yaa bole ato gak..:D

    kalo bole saya mao pajang tips2 dari anda di thread tempat saya jualan..:D

  7. irene on said:

    Saya pkai BB gemini, trus BBM saya pkai v.5.0.0.57 tp fotonya gak bisa keluar di BBM temen saya, dah re-install tp gak juga bisa, please tolong dong….mksh

  8. abdulrahman on said:

    saiia mau nanya kalo saya buka oktak e,mail yang ada pesan masuk kok pas saiia liat tidak ada pesan nya/tersembunyi padahal setting saiia sdh tidask meyembunyikan pesan masuk mohon bantuaan nya saaiia menggunakan bb onyx…please

  9. ririn on said:

    bb bold saya baru beli 2 hari tp BBM nya tidak ada…harus apa yaa..???

  10. diana on said:

    Hai…slm kenal,sya ingin menanyakan,bgaimana cra mensetting calllogging di BB tour,krn BB sya hanya menampilkan panggilan missed call,sedangkan sudah sya rubah di call logging ke all,tpi tetap tdk brubah,mohon bantuannya…tq

  11. acho h,raja on said:

    Mici mici , numpang tanya neh,aco pakai bb 8250. Klo mau aktivin tanda2 simmbol thu gmna yah, kata temen sih fanci car tah, pi gak tau juga, pokonya gambar2 bisah di gunakan di FB atau BBM

  12. Kenapa pada saat mendownload aplikasi di BB app world malah harus login?? Padahal saya tidak mau gabung di IDberry!!

    Tolong dibantu yah

  13. Kenapa pada saat saya mendownload aplikasi di BB app world mengharuskan login dulu?? Padahal saya tidak ingin masuk komunitas IDberry!!

    Tolong dibantu yah!!!

  14. Tolooong knpa blacberry saya ga bsa mengubah..profil Edit/new Edit tolong bantuanya.. Pleacee

  15. Om…
    aku pengguna BB 8320..
    setiap kali orang comen di facebook saya comenanya engak muncul di pesan dan tidak ada pemberitahuannya…

    mohon bantuannya Om…!!!

    trimakasih.

  16. Mas ,
    Kenapa yaa saya tidak bisa membuat personal message pada BBM, kolom untuk personal message berubah menjadi menyempit, mohon info nya

  17. boss mau ngerepotin nih…sy pake storm2 odin. klo mau format ulang ke factory setting gmn caranya boss. thanks

  18. RACHMAD EFFENDI on said:

    Selamat malam, langsung saja, saya ada masalah dengan BB Gemini yang saya gunakan, saat ini saya tidak bisa merubah Prifil suara yang ada, padahal langkah2 untuk merubah/edit Profil sudah di jalankan, mohon bantuannya, tks

  19. aming tjandra on said:

    kenapa BB 9630 Tour Tidak Support dengan kartu Simpati

  20. jazz on said:

    Hi bro alex….

    Mohon pencerahan tentang BB refurbis… Apakah BB refurbis bisa dikatakan aman bila sudah memenuhi kriteria GSM hrs diawali dng PIN angka 2, dan memenuhi kriteria IMEI dah lolos numberingplans.com?

    Trims infonya

  21. ovie on said:

    maaf mas saya mau tanya,ada masalah apa ya kalau misalnya ada sms masuk tapi ‘ga bunyi.saya pake BB curve 8250.mohon bantuannya.
    terima kasih.

  22. sigit on said:

    Mas..

    Mohon bantuanyya, saya baru beli BB curve 8520.. Sudah daftar paket BB pakai provider telkomsel, pertama2 semua lancar tapi waktu dicoba untuk panggilan keluar tidak bisa, yang ada terdengar suara dalam bahasa cina/jepang, tapi kalo menerima telpon bisa..

    Trims

  23. doni on said:

    maaf mas saya mau tanya, BB gemini saya tidak bisa menerima dan menelpon, tetapi BBM dan yang lainnya tidak ada masalah. apa yang harus saya lakukan??terima kasih.

  24. hiacinta on said:

    selamat siang..
    menarik sekali situs ini, banyak informasi sangat berguna bisa diperoleh..
    saya juga mau tanya
    saya pakai BB storm 9530, dengan server telkomsel simpati, BIS sudah aktif tanda dilayar juga sudah huruf besar semua, tetapi tidak bisa akses internet, dan bbm tidak aktif. mohon infonya, makasih

  25. bisa nggak invite ke bbm via PC/Laptop Core i3? thanx ya

  26. Marstioon on said:

    Om, saya pakai bb gemini.
    Saya ingin bertanya, kenapa ВВМ saya suka error? Kalau kita liat recent update, gak lama bb jadi lemot responnya. Setelah itu biasanya bb gak bisa dioperasikan. Cuma netep di satu layar aja, walau pun kita udah coba teken tombol . Biasanya setelah itu saya langsung cabut batre dalam keadaan bb masih nyala. Dan pas loading itu, garis putihnya mentok dibawah huruf E t(BlackBerry) sampe lama, padahal sebelomnya setau saya gak pernah seperti ini.
    Mohon informasinya om🙂
    Thanks..

  27. iant sulistiyanto on said:

    gan saya iant yogyakarta, minggu2 terakhir ini saya bingung utak atik bb saya,
    bb saya gemini 8520 gar TAM pertama saya buka saya pake telkomsel. trs karena satu dan lain hal saya ganti pake xl, pas pake simpati saya bisa mms dengan temen2 saya, tetapi ketika ganti pake xl ketika saya kirim mms selalu gagal, dan kalo terima mms cm muncul sms ga jelas yg isinya ” Not Retrieve ” saya sudah telp 817 dan sudah mengikuti instruksinya : di servise book – mms config sudah ada tp sampe sekarang blm bisa kirim/terima mms gan, mohon bantuannya kalau mungkin agan pernah nemui masalah seperti ini,…. Terimakasih gan

  28. Bos mau tanya ni knp y bb 8320 sy gk bs buka u’tube “error tempting play media”?

  29. om saya ika mau tanya kenapa yach BB saya dari sudah hampir 2 minggu sampai sekarang jadi ga bisa terima kiriman foto di BBMnya daru sadar pas sodara bilang koq udah kirim foto weddingnya temen via BBM tapi ternyata BBM saya ga ada kiriman apa apa dari contac dia, dan klo instal aplikasi seperti foursquere juga ga bisa padahal saya sudah coba lakukan P3BB tapi masih aja ga bisa BB saya BOLD 9000 mohon bantuannya ya om terimakasih

  30. sy menggunakan curve. yg ingin sy tanyakan ketika download fb, yg muncul tampilan fb versi baru. sy kurang menyukai tampilannya, walaupun memiliki beberpa kelebihan dibanding fb versi lama. tp bisakah saya mendowload fb versi lama yg versi 5. sdh sy coba download via link http://goo.gl/nnnUY tp tetap muncul tampilan fb baru. tq

  31. ema purnama on said:

    saya mmbuat kunci keamnan untk msuk ke hp BB saya,tpi knapa skrang saya gk bsa masuk ke hp saya krna pas di unlock bukan lg enter paswod tp enter blackberry to conection .yg ingin sya tanyakan bgaimana crnya spaya bisa msuk ke mnu sdngkn pswdnya gk bsa dibuka,.tipe hp BB 8830 makash!

  32. mo nanya nih, saya pake bb gemini pake im3, padahal sudah dipaketin tapi kog tetep gak bisa connect kenapa yah? padahal sudah di hard restart juga..saya paketin pake provider lain juga masih tidak bergeming..
    mohon bantuannya pak😦

  33. Vina Manullang on said:

    holaaa…

    aku mau tanya dunk rekan2 yang mengerti Blackberry..

    Untuk buatan Blackberry sendiri itu yang baik dari mana ya? Informasi yang saya ketahui Made in Canada, apa benar begitu ya?

    Lalu jika, Made in Negara lain tapi Bergaransi TAM bagaimana??

    Terima kasih, semua…

  34. Yuli Taryono on said:

    1. Handset BB 9300
    2. Sy Sudah berlangganan BlackBerry Internet Service dan Saya memakai Kartu Simpati
    3. Saya belum membaca artikel lain sebelum ini
    4. Posisi saya di Jakarta
    5. Handset saya berbasis GSM

    Pak saya mau tanya,
    kemarin HP BB saya masih menyala lampu dibalik keypad (tombol keyboard) sehingga di kegelapan huruf dan angkanya masih bisa terlihat karena lampu nyala.
    tapi mulai tadi lampu dibalij tombol keyboard tidak nyala lagi, sehingga tidak bisa buat ngetik ketika dikegelapan.
    kira-kira apanya yang salah pak, apakah lampu mati tersebut harus diganti? apakah hanya settingnya saja.
    kalau harus diganti harganya berapa? tapi kalau hanya settingnya saja, nyetingnya bagaimana caranya. makasih atas bantuannya.

    yuli taryono

  35. Welly A on said:

    mr BB
    Saya Welly , saya pakai BB Onyx2 9780 ver.600723.
    mengapa tiba tiba utk mendengarkan music dengan head set tidak bisa. keluar tanda headset merah dicoret.
    mohon petujuk, terima kasih

  36. Master ane pakek bb 8520 entah sengaja/tidak folder sms&mms terhapus (hilang) cara balkin gimana, padahal di option udah ane tampilkan smua, bagi ilmuna ya gan ╠╗E̲̅╠╗E̲̅╠╗E̲̅╠╗E̲̅..

  37. saya pengguna bb gemini 8530
    paket BIS saya masih aktif
    saya blm baca artikel lain sebelumnya
    posisi saya dijakrta selatan
    bb saya berbasis CDMA dg provider aha

    saya mau tanya setiap sy mau download aplikasi di blackberry app world selalu keluar “a blackberry identity update is needed. would you like to install it now?” waktu saya klik yes yg keluar “contacting blackberry id server” dan muncul “blackbery identity installation failed.” knp begitu ya…tolong dibantu…

    yang kedua,setiap sy mau putar video atau mp3 selalu ga bisa”error playing” ringtone panggilan masuk juga ga ad suaranya… tolong dibantu ya cos sy baru pake bb ini 1 bulan yg lalu.. thanks you

  38. saya pengguna baru BB bold essex 9650. mau nanya solusinya BB agar bisa ngakses tanda * dan # misalnya utk ngecek pulsa *388# trimakasih …

  39. Ramdan on said:

    Maf mas alex, ane mu tanya …
    Ane pake bb 8320, ane bingung pengaturan email nya dmana ya, mohon bantu

  40. Maaf,mau tanya…ini kan saya baru beli BB 9300curve AP set malaysia…nah yang saya mau tanya…apakah BB AP set dari malaysia ini bisa awet atau tidak…? Dan katanya dari artikel yg parnah saya baca BB dengan nomor imei
    Conto: xxxxxx.04.xxxxx.x adalah asli buatan canada dan nomer imei saya juga .04.

  41. malem mas alex ….saya mau tanya apakah casing torch 2 bisa dipakai pada torch 1, terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

