BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

AWAS! BLACKBERRY “DAUR ULANG”

Jika anda pernah mendapatkan penawaran BlackBerry yang diakui penjual adalah BlackBerry BNIB (Brand New In Box) tetapi harga yang ditawarkan terlalu menggiurkan waspadalah mungkin saja itu adalah unit yang daur ulang. Jika anda merasa ragu langsung putuskan untuk tidak membeli unit tersebut. Saran saya adalah belilah handset pada orang yang anda kenal DAN berani memberikan garansi atau memiliki kartu garansi yang memiliki service center yang meyakinkan. Yang paling aman adalah membeli langsung ke jalur resmi RIM (Research In Motion) yaitu operator GSM yang notabene SATU-SATU nya jalur resmi baik secara hukum Indonesia maupun secara aturan pemilik hak dagangnya.

Beberapa hari lalu ada BlackBerry-ers datang pada saya ingin service BlackBerry yang dibelinya sewaktu di luar negeri tepatnya di negeri yang memiliki tembok raksasa. Handsetnya sering mati mendadak tapi tiba-tiba bisa nyala lagi dan konektivitas GSM terputus dan menyala lagi. Saya coba bongkar dan penasaran akan isi perut handset tersebut dan mendapatkan pemandangan yang mengejutkan. Mari kita lihat

  1. Langsung terlihat oleh mata telanjang bahwa kaleng pelindung komponen GPS/Wifi sekaligus berfungsi untuk grounding ini penyok
    1refurb-15
  2. Lanjut lagi kebawah, dengan sedikit seksama saya kembali menemukan cacat yang aneh. Ada 2 titik dimana kulit paling atas PCB ini “terluka” saya tidak tau tujuannya apa
    1refurb-2
  3. Yang cukup mengejutkan adalah adanya lubang yang sengaja dibor sampai bolong. Saya juga tidak mengerti tujuan sang perakit ulang ini. Menurut yang pernah saya baca, bolongan ini menandakan bahwa unit bukan Brand New melainkan refurbished, hm….. Saya tambah tidak mengerti tujuan secara teknis perbuatan ini.
    1refurb-3
  4. Kemudian, saya membalikkan PCB ini dan melepaskan LCD dan… ada kabel tipis yang dihubungkan dari salah satu titik ke salah satu komponen dekat LCD. Dalam dunia teknisi ponsel, ini dinamakan jumper. Ada koneksi di PCB putus dan tidak bisa disambungkan kembali melalui kabel ini. Sepertinya orang yang melakukan pekerjaan ini sudah fasih benar dengan skema BlackBerry.
    1refurb-4

Orang mengatakan “Uang tidak bohong” mungkin ada benarnya, semakin kita pelit untuk membeli dari tempat yang meyakinkan dan rela mengitari satu mal demi harga paling murah maka akan jatuh ke mulut buaya. Jangan ragu untuk mengeluarkan uang lebih demi kenyamanan dan keamanan anda. BlackBerry-ers yang datang pada saya ini bukanlah orang yang pertama yang mengalami hal ini sebelumnya sudah ada yang pernah konsultasi sama saya tapi tidak separah ini.

Hal diatas tidak mengherankan karena ada beberapa orang yang senang dengan “RECYCLE” dan terutama spekulasi. Unit seperti diatas adalah hasil olahan orang “kreatif” (saya tidak mau mengeneralisasi orang berdasarkan negaranya), orang ini membeli “sampah” dari negara tertentu dimana terdapat sangat banyak unit-unit rusak ataupun hanya fisik luar yang rusak atau berbagai alasan unit-unit ini tidak lagi layak dipakai dan seharusnya dihancurkan tapi oleh oknum, unit-unit ini dijual. Nah, dari unit-unit ini diperiksa satu per satu jika masih bisa “disulap” maka unit ini bisa menjadi satu unit yang bisa dijual kembali tapi jika tidak bisa “disulap” maka unit ini akan dicari bagian mana yang masih bisa dijual dan akan dilepas dan jual sebagai sparepart.

Cermatlah dalam membeli, BlackBerry bukanlah handphone biasa tapi ponsel pintar yang memiliki keunikan dan sistem keamanan yang berbeda.

Single Post Navigation

19 thoughts on “AWAS! BLACKBERRY “DAUR ULANG”

  1. postingannya keren mas… bener2 membantu saya nich…
    klu g keberatan, ditunggu komentar baliknya…
    sebelumnya, makasih ya…..

  2. Latan on said:

    Dear Mates,

    beberapa hari lalu saya menemukan case untuk BB kloning (mungkin) di Batam, salah satu teman saya mengeluhkan kenapa tiba2 account email yang terdaftar di HH BB terhapus dan di gantikan dengan account email dari *W#&^#@airtel.blackberry.com.
    semenjak masuknya email dari account airtel (india) praktis HH BB teman saya tidak bisa malakukan browsing internet.
    kami coba masuk ke portal indosat (HHBB terdaftar) untuk melakukan check dan ternyata user name tema saya tidak bisa dikenal,
    kemudian kami coba req PIN melalui portal Indosat, langsung dibalas oleh RIM untuk PIN.
    dengan PIN tsb kami coba login ke portal airtel dengan menggunakan username *W#&^# dan PIN yang di reply oleh RIM ternyata PIN teman saya juga terdaftar di provider India (airtel)….
    pertanyaannya :
    “adakah cara untuk mencegah terjadinya kejadian tsb?”

  3. Jadi account teman anda :
    1. tidak dikenal di indosat.blackberry.com dan juga tidak dikenal di airtel?
    2. tidak dikenal di indosat.blackberry.com TAPI dikenal di airtel?

    Untuk mencegah kloning yah cuman satu, jangan sebar PIN sembarangan tetapi kalau beli ditempat yang ngga jelas (selain provider) kemungkinan ini tidak bisa dicegah.

    Coba anda test ini, dari handset bb teman anda test kirim 10 email A ke email B (email B yg ada di handset bb) jika sebagian dari 10 email itu tidak delivered ke bb teman anda kemungkinan besar cloning. Jika terbukti cloning kembalikan unit ke seller anda

  4. Latan on said:

    1. tidak dikenal di indosat.blackberry.com dan juga tidak dikenal di airtel?
    (semenjak HH menerima account email dari *W#&^#@airtel.blackberry.com, user name dan password tdk bisa dikenal di indosat.blackberry.com)
    2. tidak dikenal di indosat.blackberry.com TAPI dikenal di airtel?
    (ya.. setelah login ke airtel.blackberry.com dengan menggunakan username *W#&^# dan password yang diberikan dari RIM, bisa masuk ke portal airtel. kemudian kami menghapus account *W#&^#@airtel.blackberry.com dari HH BB lalu yang terjadi account email yang terdaftar di indosat muncul dan baru bisa login ke indosat.blackberry.com)

  5. Pingback: Tanya BlackBerry « BlackBerry 101

  6. bwahahahhaha tentu saja bnyak hasil rakitan daur ulang dari negeri yg memiliki tembok besar tersebut, mengingat negaranya adalah tempat pabrikan dunia, maka dari negara tersebut bnyk menghasilkan produk2 replika alias tiruan dari produk terkenal seperti iphone dan BB, jika pemilik BB ato Iphone ato handphone jenis lain sprti Nokia, Sony Ericsson cukup memperhatikan komponen2 nya, maka ada tulisan made in china.
    anyway thanx for the newsflash dude… keep it goin

  7. Hp bb ska mati2 trus bsa mti dn hdup sndri tp klau d ces trus kuat aja tp klau d lpas d bwa jl mt lagi?bgaimana mngnal batrey yg asli bb dngan yg tidak?

  8. dddddddddddddddddddddddd

  9. Saya baru beli bb kata orangnya baru tp pas pulang saya coba buka belakangnya dan copot batrenya ternyata sudah banyak yang baret2.lalu saya coba cek dibagian statusnya voice usage tertulis 60 menit dan data usage tertulis 250k. Saat disana saya belum tau cara melihat voice usage tersebut dan sempat saya tanyakan kepada penjualnya dan dia bilang tidak tau caranya.bb saya bergaransi bless,apa ada yg bisa saya lakukan kalau sudah begini? Apakah toko akan bertanggung jawab kalau saya protes? Kira2 bb seperti ini dapat bertahan berapa lama? Terima kasih

  10. panji on said:

    hai alex..
    seminggu yang lalu saya beli blackberry bold second, 2,8jt made in hungry..
    kemahalan gak yh??
    tapi masih ada garansi, nah saya meragukan garansi tersebut, karena setelah saya lepas kap batery gak ada sticker di baudnya sepertinya sudah pernah di bongkar2 gitu..
    bagaimana menurut anda?
    saya tunggu balasannya..
    trimakasih..

  11. bb 8320 saya mati mendadak ajaaa. gmna caranya..
    saya beli baru BM 1jt😦

  12. kiki on said:

    saya beli hp bb 9550 storm 2 tapi pin depannya 3, emang kalo pin depannya 3 hasil kloningan ya? makasih

  13. bb saya agak gila,prtama kameranya wrnanya biru klau di buat motret jdinya putih kyak ngebleng,terus BBM’n nya g bsa buat nge add????ap bb sya palsu???????
    😦

  14. lestari on said:

    gimana cara mengatasi bb pearl flip 8220 yg gak bisa terima telepon masuk,kalau yang lainya bisa semua…tlg bantuanya tq

  15. Pingback: teknologi terbaru

  16. usil on said:

    kamera BB, bosok !

  17. bb sy curve 8520 beli kemaren, dan sy sdh komplain malamnya, garansi nya bless, yang sy mau tanyakan kalo bb di off itu muncul T MOBILE bukan nama blackbary, mhn info nya hp sy termasuk asli apa palsu. sms ya bro jawaban nya ke no 081216516114 or email pri.surabaya@yahoo.co.id

Leave a Reply

