BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Pindah Provider

Dikala satu penyedia layanan BlackBerry® sudah tidak memenuhi lagi kebutuhan anda dan anda ingin mengganti provider lain, tidak semudah mengganti kartu SIM saja. Di BlackBerry®, ada satu pengenal unik yang dinamakan PIN. PIN disini bukanlah PIN yang merupakan sandi pengaman yang terdapat dalam kartu SIM melainkan tanda pengenal unik yang terdapat dalam setiap handheld BlackBerry®. Untuk berpindah provider, anda butuh melakukan beberapa langkah :
1. Yang pasti adalah menonaktifkan dulu langganan BIS di penyedia terdahulu. Kalau anda memakai prabayar pastikan anda unregister dulu.
2. Release PIN. Sewaktu anda menonaktifkan layanan BIS, mintakan sekalian lepaskan PIN (Release PIN)
3. Wipe handheld. Sebaiknya anda wipe handheld sebelum memasukkan kartu SIM baru dengan layanan BIS aktif. Tapi jika ada data penting misalkan kontak, kalender dll lakukan backup dulu

Setelah lakukan semua langkah ini, silahkan create account baru di handheld anda.

Single Post Navigation

42 thoughts on “Pindah Provider

  1. Hai,
    Hmm….cara release PIN nya gmn yah? kl pake prabayar?

  2. @vin
    telpon atau kunjungi gerai operator anda dan minta release pin karena anda sudah tidak berlangganan lagi di operator itu, biasanya memakan waktu 1-5hari kerja, harusnya sih cepat asalkan anda rajin menanyakannya.

  3. Latan on said:

    Dear Mates,

    case serupa nee..
    teman sebelumnya menggunakan layanan BB di provider A namun merasa kurang puas, lalu dia beralih dan menggunakan provider B.
    begitu di masukan kartu provider B (sudah terdaftar BIS) ke HH BBnya ternyata account BB yang terdaftar di provider A langsung active.
    How come??? (PIN belum direlease dan wipe out di provider A).
    “daftar di provider A menggunakan kartu layanan B”
    ada effectnya ga?? dan berupa seperti apa?
    terima kasih.

  4. Memang begitu, itu namanya BIS Gado-gado, layanan operator B tapi account di operator A. Sebelum anda me-release PIN di operator A, anda tidak akan bisa register di operator B

  5. Gustaf on said:

    Kalo case saya begini :
    Beli 8320, aktifin layanan pake operator A, setting email dan lain2,
    lalu saya pindah ke operator B
    tanpa saya release PIN, tapi saya BB OFF dulu sebelumnya.
    lalu balik lagi ke operator A tapi perdana baru,
    tiba2 PIN SUSPEND
    apakah RIM membaca itu sebagai tindakan pencurian sehingga PIN di suspend?

    gmn cara biar ga suspend ya pak?

  6. mila on said:

    Dear mr.Alex

    teman saya membeli BB second yg telah aktif email, facebook dll. kemudian memasukan Simcard baru..setelah itu baru direlease keCounter HP dengan simcard baru didalamnya. pertanyaan sy: apakah release itu telah berhasil atau belum?? langkah apa yg hrs sy tempuh? apakah langsung daftar BIS di simcard (provider) yg baru ini?
    mohon dibantu!!

    thx

    • release PIN hanya bisa dilakukan di operator tidak bisa lewat toko/counter HP. Layanan yang bisa dilakukan oleh toko hanya tendang PIN, jika sudah sukses anda akan bisa membuat account BIS baru. Coba saja di email settings

  7. tiwi on said:

    realese pin itu di provider yang sebelumnya atau provider yang baru?

    mohon bantuannya..🙂

  8. iyus on said:

    mas sy dpet bold second tp blum di release ma org sebelumny.. sy dtg ke gerai mentariny kata dia harus tau user n paswwny sgala.. gmn yah ? secara sy gak tau org yg pny sebelumny… thanks…

  9. aku pake bold n awalnya pake xl trus aku ganti simpati,kok nga bisa nerima email ya?aku blm pernah register ke xl,aku beli BBnya baru>>aku jadi bingung>mohon dibantu

  10. @made apakah simpati sudah diaktifkan BIS-nya? Apakah anda yakin BlackBerry anda bukan Refurbished?

  11. Baru Tau Kalau dengan Telkomsel harus dengan Pengaktifan BIS..
    Mas Alex ada g layanan SIMPATI yang hanya memanfaatkan GPRS saja untuk koneksi BB nya..?? Sehingga saya bisa menggunakan Opera Web Browser..

  12. Ditendang ajah pin dr  BlackBerry® . Yg pertama tp membutuhkan 2 hh  BlackBerry®  yg berbeda istilahnya di manipulasi change device so nanti akhirnya yg pertama jd mengambang or gk ikut layanan bis dimana2 baru ganti kartunya

  13. Dear Mr.Alex

    i need your advice. Bulan september yg lalu aku plg k jkt dlm rangka liburan, ortu lalu membelikan aku BB tour dan aku sempet pake BBservice dr telkomsel (prepaid card). sekarang aku kembali lg k jerman untuk studi. pada saat aku ganti sim card ke provider jerman aku jg lgsg minta mrk untuk pasang BBservice dr mrk.tp sampai skrg aku hanya bisa pake layanan facebook.BBM dan fasilitas browser tidak bs aku gunakan.
    apakah Mr.Alex punya advice, apa yg hrs aku buat?
    thank u so much

  14. Mas ku mau tanya…
    Sebelumnya sy punya bold,selanjutnya bold sy itu rusak kena air
    Kemudian sy beli lagi yg baru,karena kartu SIM (indosat) saya masih ada tenggang
    Waktu buat internetan maka saya pakai kartu SIM itu sampai jangka BIS nya habis.
    Kemudian saya release pin saya di indosat dan katatnya biar benar2 bersih butuh waktu
    1×24 jam… Dan setelah waktu tsbut lewat, saya kemudian mendaftarkan kartu SIM telkomsel
    Saya untuk berlangganan BIS..
    Semua layanannya running well yang jadi masalah, kenapa di configurasi browsernya gak mau
    Ke ubah jadi internet browser setiap kali ubah selalu kembali jadi telkomsel
    Hanya situs2 tertentu saja bisa di gunakan… Mohon bantuannya pak.. Makasih

  15. dear mas,

    saya baru beli bb gemini, saya masih gak ngerti apa apa.
    dula pas baru beli saya pakai telkomsel, karena mahal saya pindah ke im3
    bbm nya sudah aktif, emailnya juga sudah masuk. Tapi kalau mau browsing tidak bsa. Cuma kalau pake wifi doang bsa browsing.

    kata teman saya musti release pin nya k telkomsel. Katanya tlp aja telkomselnya. Saya sudah coba telpon tapi tidak ada yang angkat.

    mohon bantuannya. Terimakasih

  16. deejay crossfader on said:

    om mau tanya masalah tendang menendang nieh n di perjelas yg di bilang ma mr anton… masalahnya saya males buat dateng ke gerainya…
    saya beli bb 2nd yg siempunya dulu mengunakan telkomsel, dan saat ini saya mengunakan xl, sebenernya ngak ada masalah… cuma rada gimana gitu lantara user n pass masih atas nama si empunya??? niat saya mau tak saya tendang tue n ngikut xl??? tolong ma jawabannya…

  17. mas alex.emang pd saat pertama kita daftar BIS,scr otomatis PIN dan IMEI akan tercatat d provider ya?meskipun kita tidak aktifasi email (hanya FB,YM aj). thank’s

  18. Dennis on said:

    sir alex saya ingin bertanya, waktu itu saya sempet pakai provider xl dengan mengaktifkan bis nya dan saya create email account xxx@xl.blackberry.com nya di email setting, setelah beberapa hari kemudian saya mengganti kartu saya ke indosat im3 tanpa merelease pin yang bekas di xl, yang saya lakukan hanya unreg layanan dan ke email setting kemudian menghapus email account yang xxx@xl.blackberry.com. Ketika saya sudah memakai im3 dan sudah mengaktifkan bis nya saya dapat menggunakan semua fitur internet dari bbm ym msn browsing di bb saya dan saya juga dapat membuat email account xxx@indosat.blackberry.com. Yang jadi pertanyaan saya adalah apakah cara yang saya lakukan itu aman untuk sekarang dan nanti nya ??

  19. tolong donkk… awal nya saya pake provider a.. tapi karna layanan nya kurang bagus saya ganti provider b.. nah masalah nya kartu sim provider a uda saya buang… gmana ya..???

  20. chomank on said:

    bb saya rusak kena air,,,, saya mau memasukkan kartu yang lama ke bb yangbaru gmna caranya,,, untuk email sudah bisa tapi bb masenger belum bisa ,,,,

    • harusnya anda backup remote (by email) di bb lama, kalau sudah ada step itu biasanya akan ter-restore otomatis, kalau tidak yah ngga bisa kecuali bb lamanya masih bisa dipakai untuk backup via pc/remote

  21. om om.. nubie mau tanya nih.. saya dapat BB Bold 9700 tapinya itu keluaran XL.. hape yg dulu saya pake IM3 apa bisa diaktifkan dan dapet fitur2nya? trus gimana ya itu menghilangkan aplikasi I-Go dari XL nya.. haduhhh bingung -___-“

  22. Jessie on said:

    Dear alex,

    sy mau ganti sim card nih. cara cara di atas agak mengbingingkan sy. dan kamu mention bw sekarang gak perlu release pin.

    nah klo sekarang tidak perlu ganti pin apa yang harus sy lakukan. sy punya idea dikit tpi masi bingung.

    1. unreg dulu yng A(yng mau di ganti)
    2. wipe handheld langsung dari handheld? terus klo wipe gini berarti OS nya balik k yng awal?
    3. nah sebelum masukin kartu B(yng baru), kartu b uda mesti berlangganan BIS di operator B? cara nya gmana ya? kartu b lagi sy pake di hp nokia. dari hp nokia sy actifin BIS nya?

    thanks a lot in advance.

  23. ragita on said:

    dear mas alex,

    darimana kita bisa tahu BIS provider yang kita pakai itu sudah BIS 2.8 atau belum? melegakan sekali kalau sudah ada cara ubah provider tanpa perlu minta release. terima kasih.

  24. dear mas alex,

    saat ini sy berada di jerman. dan bagaimana cara sy gunakan bb disini? krn pertama sy beli simcard tp td bisa digunakan fasilitas bbm nya. dan mereka blg, klo di jerman hrs gunakan simcard yg kontrak.. slm 2 thn. mohon bantuannya.sy disini selama 2 bulan saja.

    thnks

  25. bb saya baru saja ganti provider dari XL ke Telkomsel . sebelumnay saya tidak tahu kalu mau pinah operator itu haru release PIN dulu .. dan setelah saya gunakan Telkomsel , bb bis XL saya sudah OFF . . dan ketika pasang simcard Telkomsel , layanan BIS sudah bisa digunakan , nah yg jadi pertanyaan knp di hari ke 3 memakai telkomsel kok malah aneh yah ? kadang kalau habis ngecash dimatikan pas di hidupkan kembali BIS telkomselnya gk mau jalan kalau tidak dipancing HRT atau service book dan pulsa tidak terpotong .. itu knp yah ? saya sudah telp ke XL utuk release PIN , tp lama sekali diproses blum ada konfirmasi amapi sekarang . ., mohon solusinya . . thanks😀

  26. mauu nanya ..
    skrng saya peke provider m3 saya mau ganti ke xl gmn ya caranya?
    thanks ..

  27. ferina on said:

    Saya pake BB gemini 8520 .
    sebelumnya saya pake provider xl , lalu pindah ke provider im3 .
    saya sudah mengirim sms “BB OFF” ke provider xl.
    lalu saya mengaktifkan BIS menggunakan im3 .
    setelah itu saya bisa menggunakannya untuk browsing, BBM, dll .
    tetapi saya belum melakukan wipe handheld.
    apa itu aman ?
    mohon bantuannya .

    • Agusno Wibowo on said:

      ferina, sorry ni hgaptek, itu provider xl apa ya, cara-nya gimana ya . . . sms ?, ketik’e apa . . . ??

  28. fhara on said:

    mau nanya dong, kalo mau ganti nomer tapi providernya sama , gimana caranya? apa musti release pin juga? atau caranya kayak ganti nomor di hape biasa?

  29. saya mw nanya.. saya sudah daftar paket BB dan juga sudah berhasil, tapi kok tak bisa buat BBM, FB dan yan laennya, knpa yach… apa karena pernah gnti SIM karena SIM A tak bisa BWt baftar Pket BB, setelah ganti SIM B ternyata hasilnya Sama regritrasi gagal, trus Saya ganti lagi SIM A sdah bisa daftar paket regristrasi berhasil cuma tidak bisa bwt BBM FB dan yang laen,

  30. Pingback: classified

  31. azam on said:

    bro mau tanya, saya baru membeli bb pearl 9105 second. apakah caranya juga sama seperti diatas agar saya bebas bikin akun n daftar provider baru? (biar bb kembali seperti kayak baru gitu)
    thx b4

  32. dadan on said:

    Saya berencana mengganti provider untuk BB saya. Apakah setelah diganti provider yang baru, nomor2 kontak yang ada di BB saya akan hilang? Terima kasih atas jawabannya…

Leave a Reply

