BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Upgrade Firmware

Pada setiap handheld pasti ada kelebihan atau kekurangan, biasanya setiap ada firmware terbaru pasti ada perbaikan dari versi sebelumnya itulah sebabnya banyak yang ingin mengupgrade handheld ke versi yang lebih baru.

Upgrade satu handheld berbeda dengan handheld lain, ada yang hanya cukup memakai kabel data dan komputer dengan software sekali klik, ada juga yang memakai hardware dengan kabel data khusus tapi untuk BlackBerry cukup sederhana cukup komputer dan kabel data mini usb 5 pin tapi untuk urusan software dan caranya agak unik.

Mari kita mulai dengan mempersiapkan resep upgrade: komputer dengan sistem operasi Windows (kita memakai contoh XP SP2), Desktop Manager, Firmware terbaru dan pengelola file dalam hal ini Windows Explorer jangan lupa kabel data mini USB 5 pin dan handset.

  1. Install Desktop Manager.
    sebaiknya pakai Desktop Manager versi terbaru, sampai tulisan ini diturunkan, versi Desktop Manager yang paling baru dan resmi adalah versi 4.5. Tutorial ini menggunakan Desktop Manager 4.2.1 dan 4.3, kedua versi software ini sengaja dipakai untuk tutorial karena versi ini yang paling banyak beredar di pasaran dan biasanya termasuk dalam paket penjualan. Jika kamu membeli handset bekas atau refurbished yang tidak menyertakan software ini, unduh saja dari BlackBerry.com. Lakukan instalasi dan ingat saat ada pilihan ini pilih BlackBerry Internet Service karena tutorial ini khusus untuk pengguna BIS alias personal.

    Untuk sedikit menghemat waktu, pilih instalasi custom dan buang saja Media Manager jika kamu sudah memiliki software pembakar CD/DVD, Media Manager disini adalah Roxio yang hampir sama dengan piranti lunak pembakar CD/DVD biasa hanya saja ada tambahan bisa kamu bisa explore isi BlackBerry baik Internal maupun Eksternal.
  2. Install Firmware terbaru khusus handset anda.
    Tutup Desktop Manager dan jalankan file installer firmware, ikuti instruksi sampai selesai, jangan menjalankan Desktop Manager. Klik disini untuk mendapatkan Firmware resmi terbaru untuk handset dan operator anda.
  3. Buka Windows Explorer, arahkan ke C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Apploader, hapus file vendor.xml.

    File ini adalah pengenal, jika firmware yang kamu punya cocok dengan handset BlackBerry kamu maka keberadaan file ini tidak akan menjadi masalah tapi jika firmware yang kamu download berbeda dengan handset jangan harap proses update ini bisa jalan sebelum kamu buang.

  1. hubungkan kabel data ke komputer dan handset, nyalakan Desktop Manager, biasaya akan langsung muncul permintaan untuk upgrade, silahka lanjutkan saja. Tapi jika tidak ada tampilan seperti ini,

    jangan kecewa, klik saja application loader dan ikuti instruksi sampai ketemu tampilan seperti ini

    dari sini kamu pilih saja yang kamu perlukan, supaya ada sisa RAM yang lega. Untuk tipe-tipe baru (8xxx) internam memory adalah 64MB, yang bisa kita pakai bervariasi tergantung system yang kamu pilih. Lihat Total application space, semakin banyak yang kamu pilih semakin sedikit sisa yang bisa dipakai

    Setelah itu akan ada pilihan lagi, jika kamu mau membeackup data, pilih Automatically backup jika tidak ingin backup pilih Do not automatically backup.

    Nah tinggal ikuti instruksi selanjutnya dan tunggu saja, proses ini agak lama jadi sabar yah J

  2. Selesai… Selamat menikmati firmware barumu.

Sedikit tambahan bagi kamu yang ingin upgrade, sebaiknya kamu download dan install firmware yang sesuai dengan handset kamu, misalkan handset Vodafone instal firmware keluaran vodafone aja soalnya sebelum firmware itu bisa diedarkan, firmware itu telah di test jadi jaminan lebih bagus.

Single Post Navigation

2 thoughts on “Upgrade Firmware

  1. Dear mas alex
    Saya memakai BB Curve 8900 firmware v4.6.1.231 garansi resmi dari AXIS.
    pada saat connect ke PC via BlackBerry desktop manager, selalu muncul check for update device software kemudian muncul sederetan aplikasi yang mau diupgrade
    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. apakah data2 di BB saya akan hilang semua ( contact,message,note ) pada saat saya upgrade software device, misal upgade memo pad, dll.

    2.Apa resiko dari upgrade software device ini.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: