BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Tips Memilih Handset BlackBerry

Untuk anda yang sangat membutuhkan email, pasti anda akan terpikir untuk mencari handset yang handal untuk mendukung mobilitas tinggi karena tuntutan pekerjaan atau bisnis. Kebanyakan handset yang beredar dipasaran baik itu ponsel, ponsel pintar (smartphone) atau pun PDA phone mengharuskan kita menyambung koneksi internet terlebih dahulu untuk bisa ber-email ria atau sekedar browsing, biaya yang dikeluarkan dihitung berdasarkan data atau waktu. Hal ini tidak terjadi pada penggguna BlackBerry, nama yang cukup aneh untuk sebuah handset tapi kegunaannya luar biasa. Di BlackBerry anda cukup membayar langganan pada provider dan nikmati kemudahan koneksi nirkabel. Email tidak perlu ditarik dari server melainkan server BlackBerry akan mengirimkan setiap email baru yang masuk langsung selayaknya SMS. Browsing mudah dilakukan dan kompresi luar biasa dari koneksi BlackBerry tidak akan menguras kantong. Mau berchatting ria via Yahoo! Messenger? Tidak masalah, online 24 jam perhari selama sebulan juga tidak akan melebihi kuota yang diberikan penyelenggara BlackBerry. Itulah sebabnya para pecandu email dan koneksi nirkabel melirik ke handset ini.

Handset BlackBerry memang susah dicari dan tergolong mahal jika membeli dari operator, bagaimana jika budget terbatas tapi ingin mencicipi rasa unik dari sang buah berry hitam ini? Sepertinya handset bekas menjadi idola yang pas di kantong. Sedikit tips buat kamu yang ingin mencoba handset ini, ada tiga hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih handset.

  1. SIM LOCK
    Handset bekas yang beredar di Indonesia kebanyakan dibawa oleh expat atau karyawan/mahasiswa dari luar negeri. Untuk mendapatkan handset murah, para karyawan/mahasiswa di luar negeri cenderung memilih beli dengan kontrak yang notabene handset tersebut akan dikunci oleh operator bersangkutan sampai kontrak berakhir atau membayar penalty. Cara cek handset yang terkunci operator sangat mudah, masukkan saja SIM card dan jika muncul “invalid SIM card” hindarilah karena tidak bisa dipakai baik telp ataupun sms.
  2. OPERATOR LOCK
    Jika tahap pertama telah anda lewati dengan sukses, sekarang coba masukkan kartu SIM yang telah aktif service BlackBerry nya. Apakah tulisan gprs/edge dalam huruf kecil? Jika ya, ada kemungkinan handset bekas ini masih terdaftar di operator lain dan belum dicabut service BlackBerry dari handset tersebut.
  3. IT Policy
    Beberapa perusahaan membatasi karyawannya dalam penggunaan handset BlackBerry untuk kepentingan pribadi karyawannya seperti chatting. Jika IT policy ini diberlakukan untuk chatting maka handset anda tidak bisa dipakai untuk ber Yahoo Messenger ria atau ber BlackBerry Messenger. Cara mengetahui IT Policy ini adalah dengan membuka Option – Status – ketik BUYR, jika TIDAK tertulis IT Policy Enaled maka handset ini tidak dibatasi penggunaannya dan bisa kamu pergunakan dan install berbagai macam aplikasi sesuai keinginan.

Single Post Navigation

2 thoughts on “Tips Memilih Handset BlackBerry

  1. Saya mau beli Blackberry Bold 9000
    Saya sudah pelanggan kartu Matrix Indosat

    Pertanyaan:
    Alamat provider yg jual Blackberry terdekat dari alamat kantor saya yang di Jl. Lebak Bulus Raya, Jakarta Selatan

    Saya ingin begitu beli langsung bisa pakai.

    Terimakasih

  2. aq mw beli bb bold. Tp yg bm..
    Gmn twnya agar pin bb tdk suspended????

    Gmn cranya agar kita tau bb it bkn brang refurbish????
    Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: