BlackBerry 101

BlackBerry Learning Center

Setting TCP / APN

Tidak semua program dirancang untuk jalan di jaringan BIS (BlackBerry Internet Service) karena banyak alasan, baik masalah script dari program tersebut maupun masalah kerjasama dalam penggunaan jaringan server RIM. Beberapa programmer terpaksa menggunakan jaringan internet biasa layaknya komputer atau PDA. Di BlackBerry® bisa memakai 2 jenis koneksi yakni BIS yang langsung direct ke RIM sebagai sejenis proxy atau koneksi langsung ke internet. Untuk jaringan yang ke RIM tidak perlu dibahas, semua yang native atau bawaan dari BlackBerry® akan dan pasti menggunakan koneksi BIS.

Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan APN (Access Point Name) Operator (koneksi internet melalui Operator) sampai tulisan ini diturunkan adalah Mig33, EQO, IM+, eBuddy dsb

Opera mini dulu hanya menggunakan TCP sekarang sudah melalui BIS yang berarti sudah aman dipakai sepuasnya.

Cara settingnya sangat mudah, masuk ke (Setup/Settings) Options – Advanced Options – TCP, isi datanya sebagai berikut :

XL
APN : http://www.xlgprs.net
Username : xlgprs
Password : proxl

Indosat
APN : satelindogprs
Username : indosat
Password : indosat

Telkomsel
APN : telkomsel atau internet
Username : wap
Password : wap123

Single Post Navigation

45 thoughts on “Setting TCP / APN

  1. Ronnie on said:

    pak saya udah coba pake setingan eperti di atas..tapi ttp ga bisa ni..mohon info nya lebih lanjut..terima kasih

  2. nanank on said:

    salam kenal. saya ada masalah dengan bb 8900,ketika akan instal opera mini tidak bisa! dan ada error (failed to connect to the internet). layanan bis saya uda ok! mohon bantuan.thanks

  3. Devi Yuliani on said:

    kenapa ya pas mw install aplikasi Facebook jwbanyya

    :sorry, your device does not meet the system requirements that are needed to support Facebok??

  4. alia on said:

    Saya memakai bb 8310, kalau menggunakan aplikasi yg membutuhkan APN, berarti setiap mengakses aplikasi tersebut membayar biaya tambahan diluar biaya bulanan blackberry service atau bgmn mas?

    Kemudian opera mini sdah memakai BIS, berarti kalau mengakses opera mini tidak dikenakan biaya tambahan lg ya mas? Trimakasih byk

  5. @nanang apakah alamatnya sudah benar? mini.opera.com ? lalu lihat di browser option, emulation balikin ke blackberry

    @devi coba install lagi ke mobile.blackberry.com (tanpa www) pilih IM & Networking

    @aliasekarang sudah jarang aplikasi yang memakai APN operator. jadi saran saya kosongin saja kalau perlu. APN operator akan charge diluar langganan anda.

    Opera mini sudah bisa pakai APN BlackBerry jadi tidak perlu lagi APN Ops

  6. pak alex tolong bantu saya ya…

    saya baru membeli bb curve 8320 langkah awal apa yang harus saya lakukan? karna program FB, YM, google, yahoo, dll belum ada di hp saya…saya menggunakan kartu IM3, dulu saya pernah pake BB pearl 8100 beli second dari teman saya tidak ada masalah karna tinggal menjalankan saja…semua aplikasi nya lengkap…

    mohon informasinya…

    terimakasih

  7. salam,

    jadi sekarang kalau pakai Opera di BB sudah bisa pakai BIS aja ya? nggak kena add’l data cost?

  8. Pak, saya pake 8310 AT & T, pake simpati, pengen pake BB tanpa langganan BIS. Udah ganti APN dengan telkomsel,dll tapi masih ga bisa, malah muncul kalimat: “unable to connect to the wap gateway dll. Gimana ya caranya? thanks

  9. ichebale on said:

    Pak, salam kenal. Saya mau tanya untuk Opera mini yang sudah di install apakah APN harus diisi atau dibiarkan kosong supaya tidak kena pulsa

  10. @ai masuk ke http://mobile.blackberry.com (tanpa www) download saja yang diperlukan

    @rayafahreza betul pak

    @harris apn ganti ke telkomsel user wap pass wap123, option – advanced – browser pilih wap browser

    @ichebale kosongkan saja

  11. Pak, saya pake 8310 AT & T, pake im3, pengen pake FB yg iconnya tanpa langganan BIS. Udah setting APN : “unable to connect to the wap, please contact provider service”. tapi kalo aku buka lewat browser sangat bisa gak masalah, tp aku gak bisa upload foto, sebelumnya gak masalah dan tiba” gak bisa lagi sampai sekarang. mohon petunjuknya. terima kasih.

  12. Hi mas Alex

    Mohon bantuan saya baru membeli BB 8320, bagai caranya supaya bisa
    Browsing atau minimal bisa FB ,apakah perlu download opera mini dan bagai mana caranya ?browsing aja di bb sekarang tidak bisa tanpa BIS. saya menggunakn kartu simpati, karena saya tahu paket telkom flash murah meriah.
    Mohon bantuannya
    TRimkasih

  13. Trimakasih atas infonya pak. Saya mau nanya, sy menggunakan bb 9700, Sy jg sdh mengikuti/mengisi APN operator telkomsel sprti bpk tulis. Kenapa bb Sy blum bs konek login dgn TCP y pak? Mohon bantuannya..

  14. Mohon dibantu cara konek mig33 login TCP ya pak?! Operator jaringan telkomsel.

  15. Mas , saya pake axis. Saya dah download app mig33, saya pake t-mobile blackberry 8320, cara set APN nya apa? Ip? Port? Username? Pass?

  16. mas mas… kebetulan saya pake Onyx 9700.. tapi januari kemarin dapet hadiah bold dari BNI life.. terpaksa BB saya jadi 2.. nah.. saya ga dobel langganan BIS.. cuz 1 aja udah cukup untuk keseharian saya.. pertanyaan saya. bisa ga salah satu BB saya ttp bisa online lewat setting APN tsb tanpa harus langganan BIS? apakah YM, Facebook, dan BBM jg akan ttp ikut aktif? oiya, salah satu kartu saya yang tidak saya langanan BIS adalah 3 (three), berhubung 3 jg blm suport BIS.. hehe.. kalo setting APN untuk 3 apa ya mas? thanks b4… ^o~

  17. Salam kenal,saya pake BB Curve 8310.Di Hp sy udah ada fitur mig33 dan sudah diatur TCP nya sesuai panduan,tapi pas mau koneksi dengan TCP/HTTP/MANUAL selalu error.Mohon dibantu atas masah saya ini.TRIMS

  18. Mas alex sy pakai odin,sy pk xl..apn sdh diisi internetan sdh bs, tp sering puts dan tdk bs smbung lg kl g d restart..it knp ya ?
    Trims.

  19. qnay on said:

    salam kenal..saya punya masalh dgn bold ane,,knp klo pke ubertwitter ngurangi pulsa y

  20. gan ,, mw nanya donk ,,, saya tidak bisa menggunakan app mig33 dari BlackBerry 8520 ,,,mig33 versi 4.1 dan os 4.6 ,,mohon bantuannya ,,,tq

  21. Salam kenal,saya pake BB Curve 8310.Di Hp sy udah ada fitur mig33 dan sudah diatur TCP nya sesuai panduan,tapi pas mau koneksi dengan TCP/HTTP/MANUAL selalu error.Mohon dibantu atas masah saya ini.TRIMS

    Ya permaalahan diatas sama dengan saya. Mohon bantuannya.

  22. eh mau nanya Om.. saya pake Curve trus mau ganti APN 3 kok g bisa jalan yah? kartu 3-nya seh udah aku daftarin unlimited buat modem (sblm punya BB)

  23. salam kenal, sy pake BB 8520 berkali kali saya download opera mini, sempat jalan sebentar kemudian error dan selalu seperti itu….

    please solusinya.

    thansk.

  24. Pak alek..
    Masih bingung soal apn..
    Saya pake gemini 8520..Klo misal ny gk pake lynan BIS truz pake apn operator.. Kecepatannya sama gk kyk kita pake BIS..
    Saya pake lynan BIS sebaiknya settng apn ny dikosongkan y??tolong di jwb..thanx

  25. Yg mw info tntng BB klian,mslah apn n tcp,login mig33 n browsr tnpa BIS hub aj nope q 085268844801,murah kok :)

  26. Joe7688 on said:

    saya download aplikasi untuk blacberry gemini 8520.. pas mau connect ke server aplikasi itu tidak bisa tulisannya : “TCP (APN required)” tapi saya sudah setting APN saya.. karena saya menggunakan XL sudah saya setting dengan :
    APN : http://www.xlgprs.net
    username for APN : xlgprs
    password for APN : ProXL
    tetapi tetap tidak bisa connect ke aplikasi tsb, caranya gimana yah biar bisa connect? apa ada kesalahan dalam pengesetan APN saya? atau ada langkah – langkah lain yg kurang dalam pengesetan APN saya?
    terima kasih sebelumnya

  27. shry on said:

    pak bisa tolong di perjelas lagi cara daftarnya,saya kurang paham dengan cara di atas.
    terima kasih…

  28. rizal on said:

    mas alex mau tanya dong, ko aku ga bisa konk ke mig33 yah, padahal APN’a uda di ganti ke telkomsel, user ke wap n psswrd ke wap123 tp ttp ga bisa mas…. sll ad kata” ( error problem connecting, please try later )
    pliss mas bantuan’a…..
    aku gunain bb 8320, klo bsa ke e-mail aku aj mas, pahrizal.ka@gmail.com
    thx ya mas sblm’a….

  29. pak , kalo settingan ini nti jadi motong pulsa nda?
    tq

  30. Gmna sih bang cara nggati nomor proxy pad bb 8320?,

  31. pak mohon bantuannya,saya baru beli bb second pearl 8100 pake kartu im3 baru,tapi udah di isi APNnya seperti yang bapak tulis di atas tapi tetap gak bisa?trima kasih

  32. ucup on said:

    salam sejahtera… saya baru menggunakan BB pearl 9105.dan mau menginstal app mig33 tapi sayangx sampai sekarang masi belum berhasil.saya tidak tau penyebabx ap.mohon pencerrahahnnya.ttrims

  33. Saya sdah setting TCP untuk XL tp knp untuk aplikasi java sperti mig33 tidak bisa. Tp saya coba untuk telkomsel bisa…..mohon solusinya mas…

  34. Nounic on said:

    Gimana caranya setting Paket BB pake simpati sudah di daftarkan dan pulsa sudah kepotong. sudah ke gerai telkomsel dari nomer simpati tdk ada masalah. Apakah dari BB nya? saya pake BB curve 8320. Mohon bantuannya…..

  35. mas alex,sayah baru membeli blackberry curve tapi facebook pada icon di home screen tidak jadi maladiminta download,setelah didownload pun tetap tidak berhasil download mohon dijeladkan mas aleks thanks…..

  36. hardi on said:

    salam mas aku masih bingung dengan bb 8320 aku, kok BBMx tidak bisa y, apa ada pengaturan khusus untuk BBMx y mas. aku minta tolong bagaimana cara mengatasix

  37. Pada app tidak ada masalah sob..saran saya atur saja pada opsi TCP/IP
    Kalo anda ingin mengunakan layanan BB/BIS anda cukup mengosongkan pengisian APN nya atau cukup dengan mengisi APN dengan : Blackberry.net, TAPI bila anda ingin menggunakan APP 2second (app di luar RIM) opera mini dan dkk anda hanya harus mengubah APN nya menjadi standar provider yang anda gunakan !
    Contoh : misalnya telkomsel
    Aktifkan setelan APN
    APN : telkomsel
    Otentikasi APN di aktifkan
    Pengguna APN : wap
    Sandi APN : wap 123

    Bila anda membeli paket harian Opera maka layanan gratis, jika tidak maka tarif standar berlaku.

    Semoga bermanfaat..

  38. hendri on said:

    punya saya bb 8520, di fb pada waktu buka places tidak ada button check in. sudah saya coba dengan mengubah setting apn sesuai provider, tapi tetap sama. bagaimana caranya agar muncul common button check in-nya ?

  39. kalau settingan menggunakan kartu 3 di bb 8320 gmna ya

  40. kalo setting BB 8310 dengan kartu 3 gmana ya Gan?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 69 other followers

